PDA

View Full Version : Anggapan Salah Tentang Kopi



etca
30-11-2013, 05:33 PM
http://kopikeliling.com/wp-content/uploads/2013/11/large3.jpg

Kadang yang kita anggap baik itu belum tentu benar, dan kebanyakan sebagai manusia kita lebih sering memilih cara yang praktis dan mudah ketimbang cara yang benar. Lalu sebagai peminum kopi, kesalahan apa yang sering kita buat?

Minum Kopi Dengan Takaran yang Sama Setiap Hari
Seperti halnya makan, kita nggak selalu harus makan satu porsi penuh kan? Kadang kita harus mengurangi porsi makan kita, karena masalah kesehatan, atau malah harus menambah porsi makan kita jadi dua piring karena lapar. Minum kopi juga begitu.

Menurut James D. Lane, PhD, seorang professor dari medical psychology di Duke University Medical Center in Durham, North Carolina, fluktuasi hormonal bisa menurunkan metabolisme kafein. Itulah sebabnya, perempuan hamil atau mereka yang sendang meminum pil KB harus mengurangi dosis minum kopinya setiap hari. Pada saat menstruasi juga metabolisme kafein melambat karena kadar hormon estrogen sedang tinggi. Kalau tetap minum kopi dalam dosis “normal”, perempuan dalam masa ini akan mengalami perubahan mood yang buruk dan juga susah tidur.


Sebagai Pengganti Rokok
Berhenti dari kebiasaan merokok itu sangat baik, tapi kopi bukanlah penggantinya. Zat kimia yang dihasilnya oleh tembakau itu memacu kerja hati lebih keras, sehingga metabolisme kafein pun jadi lebih cepat. Karenanya, perokok memang lebih mampu untuk minum kopi lebih banyak, sekitar 3-4 kali lipat dibanding mereka yang bukan perokok. Jadi, saat kamu berhenti merokok, sesuaikan porsi ngopi kamu dengan mereka yang bukan perokok.


Minum Kopi Terlalu Siang
Ada orang yang memang dilahirkan dengan metabolisme yang lebih cepat, sementara yang lainnya perlu waktu 2-3 kali lebih lama. Jadi, kalau kamu termasuk orang yang sangat sensitif terhadap kafein, minum secangkir kopi di pagi hari pun akan membuat kamu susah tidur di malam hari. Solusinya? Jangan minum kopi 12 jam sebelum jam tidur.


Melarikan Diri Dengan Kopi
Emang bener, minum kopi bisa mengurangi depresi. Namun, kadang ketika kita stress, kita cenderung lebih banyak minum kopi. Itu salah besar. Dosis ngopi yang pas buat mengatasi depresi itu 2-3 cangkir aja. Sayangi ginjalmu. Minumlah kopi dengan porsi sewajarnya, lalu tenangkan diri dengan cara lain. Mungkin dengan meditasi, atau cobalah untuk tidur.


Espresso Hanya Untuk Penggila Kopi
Yang ini sudah pernah Kopling tulis sebelumnya di sini. Intinya, jumlah kopi dalam secangkir kecil espresso itu sebenarnya nggak lebih banyak dari jumlah kopi dalam segelas besar kopi yang kamu minum. Jadi jangan ragu untuk minum espresso saat kamu nggak punya banyak waktu untuk ngopi.

Sumber foto: weheartit.com
saus kecap (http://kopikeliling.com/news/5-kesalahan-peminum-kopi.html)

itsreza
30-11-2013, 06:45 PM
wow tatonya ::cabul::

red>,<hair
30-11-2013, 06:54 PM
anggapan kopi bikin ga bisa tidur juga salah -korban-

ancuur
30-11-2013, 10:35 PM
etca mulai rajin bikin triT :jempol:

gogon
30-11-2013, 10:56 PM
anggapan kopi bikin ga bisa tidur juga salah -korban-

tergantung orangnya kali reddo...
gw kalo ngopi siang or sore pasti malemnya melek lebih lama.
makanya kalo mau ngopi kudu pagi.

tapi temen gw yg doyan ngopi sama kayak dirimu... ngopi kaga ngaruh ama tidur ;D

red>,<hair
01-12-2013, 05:14 AM
iya um ... mungkin kopi tertentu juga kali y ....
coz perna ngopi ---sensor--- jd on fire kagak isa tidor
cuman itu sangat jarang
sekarang ngopi setengah jam kemudian uda tidorrrr::doh::

kupo
01-12-2013, 07:00 AM
^^ Udah dibilangin... yg salah orangnya,... ::hihi::

etca
01-12-2013, 07:22 AM
Minum Kopi Terlalu Siang
Ada orang yang memang dilahirkan dengan metabolisme yang lebih cepat, sementara yang lainnya perlu waktu 2-3 kali lebih lama. Jadi, kalau kamu termasuk orang yang sangat sensitif terhadap kafein, minum secangkir kopi di pagi hari pun akan membuat kamu susah tidur di malam hari. Solusinya? Jangan minum kopi 12 jam sebelum jam tidur.
nah gw termasuk metabolismenya cepet, tapi kalau minum kopi biasa kok ya tetep tidur tuh malamnya,
meski emang iya sih beberapa jam setelah minum kopi jadi seger.


etca mulai rajin bikin triT :jempol:
wiken om + ga kemanamana kemarin ;D

deddy
23-12-2013, 12:45 PM
kalo gak minum kopi malah gak bisa tidur karena mumet.....kekeke::ungg::

gembel
31-12-2013, 03:59 PM
sundul lagi mbah :mrgreen:

Numismatik
27-01-2014, 02:03 PM
Mungkin karena kopinya sudah mendarah daging ya, atau faktor kebiasaan saja.
Jadi bagi yang terbiasa minum kopi menimbulkan rasa candu..

JOSERENTCAR
25-06-2016, 05:00 PM
tergantung kepekaan dan kebiasaan

engres
02-02-2017, 02:52 PM
Kayaknya kalo saya sendiri untuk menggantikan kopi sebagai pelarian dalam merokok kayaknya ga masuk... soalnya ntah kenapa kalo ngopi gada rokok jg ga nikmat wkwkwk, cuman ya tergantung orangnya sendiri sih kayak gimana::grrr::

jonsemar
16-02-2017, 11:16 AM
Wah untungnya saya kalau tiap pagi ngopi (biasa 1 2 cangkir) siangnnya produktif dan malamnya kalau mau tidur gampang kwkwkw malah sore jam 3an saya ngopi lagi 1 gelas wkwkwkwkwkwk uda kecanduan kapein ini.

Casanova Love
17-02-2017, 10:03 AM
Pahanya menggairahkan

#salahfokus