PDA

View Full Version : Cara Pembelian emas



keremus
04-05-2011, 01:55 PM
Apa relevan gak ya di thread ini, saya mau nanya
adakah yang perneh membeli emas di antam ?
Bagaimana prosedurnya ? Harus datang ke tempatnya gak seh?
kalo gak salah di Pulogadung kan?

cha_n
04-05-2011, 03:50 PM
Maaf bu keremus, postingan anda saya pindah ke thread baru supaya lebih fokus.
Mohon jangan digabung dengan thread lainnya, khusus membicarakan cara pembelian emas.

Pengalaman saya, bisa membeli di antam (pulogadung) dan juga di toko emas.
selain itu bisa juga beli di pegadaian.
Untuk Dinar, bisa beli di wakala2.

Kalau saya lebih memilih membeli di toko emas, pertimbangannya hemat biaya perjalanan, harganya juga tidak terlalu jauh berbeda (kalau di toko emas langganan saya, beda 3-5rb/gr)
lebih aman (karena lebih dekat).
Itu untuk LM (logam mulia)

kalau dinar, beli di wakala2 yang menyediakan. tapi saya lebih memilih LM, karena lebih jelas tempat penjualannya, di toko emas manapun juga pasti di terima.

keremus
04-05-2011, 04:02 PM
Thanks Chan.

Trus kalo beli di toko, emas (dalam hal ini batangan atau lempengan), tetap menyertakan
sertifikat antam kan?

Menurut Chan (dan kawan2 lainnya) gimana prospek berinvestasi emas?

boeboen
04-05-2011, 04:08 PM
setau saya emas resmi keluaran antam selalu ada serifikatnya tidak peduli dibeli dimana.
utk 1 tahun kedepan (dan seterusnya) nilai emas msh diperkirakan terus naik.

danalingga
04-05-2011, 04:11 PM
Prospeknya sih bagus, tapi mendingan tunggu turun dulu, keknya harga sekarang sudah sangat tinggi.

cha_n
04-05-2011, 04:31 PM
Thanks Chan.

Trus kalo beli di toko, emas (dalam hal ini batangan atau lempengan), tetap menyertakan
sertifikat antam kan?

Menurut Chan (dan kawan2 lainnya) gimana prospek berinvestasi emas?

Pada dasarnya emas adalah penjaga nilai dari harta yang kita miliki, bukan sebagai bentuk investasi.
Emas nilainya stabil, inflasi sangat kecil, jadi sangat cocok untuk menabung dalam jangka panjang.
Untuk pendidkan anak, tabungan hari tua, cocok pakai emas karena tidak tergerus inflasi.


yup HARUS ada sertifikatnya bu.

keremus
04-05-2011, 04:46 PM
Bagaimana sopal kebun emas yang sekarang lagi tren itu?

GiKu
04-05-2011, 05:13 PM
kebun emas emang lagi naik daun
tapi saya malah bingung, apa itu semacam money game atau jualan ebook ?

o iya, beli emas produk antam boleh di toko emas langganan atau cekidot (http://www.logammulia.com/news.php?id=19)

danalingga
04-05-2011, 05:24 PM
Wah, berkebun emas apa lagi tuh? Mendingan juga berkebun blog, hasilnya mantap. ;))

GiKu
04-05-2011, 05:40 PM
ini web tentang berkebun emas (http://www.kebunemas.com/)

ini ada info tentang kebun emas dan respon yg bagus

cekidot (http://purwo.com/kebun-emas)

cha_n
05-05-2011, 01:32 PM
pernah dibahas di sini http://myquran.com/forum/archive/index.php/t-2904.html
ada ilustrasinya juga bahwa berkebun emas itu bisnis spekulasi, dan ga untung2 amat, malah lebih untung nyimpen emas biasa


Asumsi yang digunakan oleh ilustrasi di atas adalah:

1. Apresiasi atas emas 30% oer tahun
2. Biaya gadai tetap sepanjang tahun

Asumsi pertama, apresiasi atas emas 30% pertahun. Tidak salah, memang menurut statistik selama 40 tahun terakhir rata rata kenaikan harga emas adalah sekitar 30%. Namun perlu diingat, itu statistik jangka panjang. Tidak relevan berbicara investasi jangka pendek dengan data statistik jangka panjang.

Untuk tahun 2009 saja meskipun terjafi rekor harga emas dunia hingga $1226,56 per troy ounce pada tanggal 3 desember 2009, apresiasi emas (dinar emas dalam rupiah menurut geraidinar.com) hanya 8% per tahun untuk bulan januari 2010 y-o-y. Selengkapnya (http://www.geraidinar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=330:review-2009-kinerja-rupiah-dollar-a-dinar&catid=1:latest-news&Itemid=50)

Kemudian asumsi kedua, biaya gadai tetap. Ini jelas keliru, biaya gadai pun akan menyesuaikan dengan tingkat harga emas.


Saya tertarik bikin ilustrasi serupa ...

Ilustrasinya
Kita gunakan asumsi sebagai berikut:
- invest rutin 25 gram tanggal 17 Januari 2009 (menarik mundur 1 tahun dari hari ini)
- harga emas 25 gram = 7.718.000 (Rp308.720/gram)
- anda punya tambahan uang
- nilai gadai 80% dari harga taksir
- harga taksir bank 246.976/gram (umumnya harga taksiran paling besar 80% harga pasar)
- biaya penitipan 2500/gram/bulan (kita pakai saja untuk ilustrasi januari 2009 meskipun sama sekali gak relevan untuk saat sekarang ini)

Beli emas batangan 25 gram, gadaikan, dapat dana segar 4.939.520

246.976 x 25 x 80% = 4.939.520
setor biaya titipan 1 tahun, 2500×25x12 bulan=750rb

Posisi investasi anda menjadi:
1. 25 gram -> 4.939.520, tambah 2.778.480 dana segar = 7.718.000 -> beli emas lagi | 750rb -> biaya titip
2. 25 gram

Kalau sudah ada dana tambahan 2.778.480 ulangi langkah diatas lagi, begitu seterusnya sesuai kebutuhan. Kalau sudah lima kali maka posisi menjadi:
1. 25 gram -> 4.939.520, tambah 2.778.480 dana segar = 7.718.000 -> beli emas lagi | 750rb -> biaya titip
2. 25 gram -> 4.939.520, tambah 2.778.480 dana segar = 7.718.000 -> beli emas lagi | 750rb -> biaya titip
3. 25 gram -> 4.939.520, tambah 2.778.480 dana segar = 7.718.000 -> beli emas lagi | 750rb -> biaya titip
4. 25 gram -> 4.939.520, tambah 2.778.480 dana segar = 7.718.000 -> beli emas lagi | 750rb -> biaya titip
5. 25 gram (disimpan)

Setelah 1 tahun berlalu, harga naik 10,78 persen (data pertanggal hari ini 17 Januari 2010, y-o-y),

http://indonesiasoftware.com/emas1tahun.php

jadi emas batangan 25 gram sekarang nilainya 8.550.000,nah kita panen, langkahnya cukup dibalik saja yaitu:

Jual emas terakhir, maka dapat dana segar 8.550.000, dana segar ini kita pakai untuk menebus 1 emas lainnya. Ulangi sampai semua emas ditebus, dan jual semuanya.
Maka posisinya:
penjualan emas 5 x 8.550.000 = 42.750.000
tebus gadai 4 x 4.939.520 = 19.758.079
sisa = 22.991.921 ——> sub total 1

Berapa modal anda?
1. beli emas pertama = 7.718.000
2. beli emas ke 2-5 = 2.778.480 x 4 = 11.113.919
3. biaya titip 750rb x 4 = 3.000.000
total modal = 21.831.919 ——> sub total 2

Keuntungan anda:
-=[{sub total 1 - sub total 2 = 22.991.921 - 21.831.919 = 1.160.000}]=-

Maka, jika kita berkebun emas dengan modal 21.831.919 tanggal 17 Januari 2009, dan dipanen hari ini tanggal 17 Januari 2009 anda akan 'untung' Rp. 1.160.000.

Bandingkan jika saat itu anda belikan emas seluruhnya tanpa dikebunkan, anda akan punya 70,71 gr. Simpan emas anda, maka akan berharga hari ini 24.185.400, dengan gain 2.353.481. 2 kali lipat keuntungan anda berkebun emas.

Masih mending lah, kagak nombok. Karena secar grafik, masih ada keuntungan sedikit.
Apresiasi 1 tahun tertanggal 17 Januari 2010, 10,78% pertahun = 0,898% perbulan
Biaya gadai = 2.500/308.720 = 0,809% perbulan

Ya ada selisih lebih lah dikit ... :)

Tapi bagaimana kalo selisih kurang?? kan nombok ... Padahal kita tidak pernah tahu apakah apresiasi emas perbulan lebih besar dari biaya gadai perbulan, silahkan lihat lagi grafik ini ...

http://2.bp.blogspot.com/_zsfcwz3sNB8/SsGc3tLcHMI/AAAAAAAAAFk/2RFzEMyFGb4/s400/gadai-emas-amru-sahmono.jpg

Posisi garis kuning (apresiasi emas perbulan) yang di atas garis biaya gadai dan di bawah biaya gadai sama banyaknya, artinya 50-50. Sama dengan gambling, kalo gak untung ya buntung.

Anda geser saja invest 25 gr emasnya di tanggal 1 januari 2009, maka apresiasi harga emas cuma 8% pertahun atau 0,66% perbulan. Jika menurut perhitungan saya di atas biaya gadai 0,809% perbulan maka anda akan rugi karena terjadi selisih kurang.

jelas cara ini adalah cara spekulasi, gambling ...
invest tanggal 1 januari 2009 --> rugi
invest tanggal 17 januari 2009 -> untung

Kapan rugi kapan untung: ANDA TIDAK TAHU!! Seperti melempar koin 100 aman baheula, kalo gak dapet gambar rumah gadang ya dapet gambar wayang :D

masih minat berkebun emas?? :ehm:


Btw, kisah pak andi dari kaltim yang katanya modal 50 gr jadi 2kg saya pikir ********. Kalo mo ngarang cerita yang agak logis dikit napah.

dari 50 gr ke 2 kg itu sama saja naik 3900%. Simpan emas 10 tahun saja cuma naik 400%. Pak rully bikin e-book udah berapa puluh tahun sih?? :ehm: dengan asumsi untung 50% pertahun (ini invest apa yah, main saham ajah 40% pertahun udah bagus banget), dengan modal 50 gr emas yang cuma ekivalen 15 jutaan, butuh 10 tahun untuk dapet 2 kg emas.

Saya khawatir pendapatan utama bisnis ini bukan hasil kebunemasnya tapi dari e-book dan afiliasinya ... who knows ... :ehm:

GiKu
05-05-2011, 02:45 PM
pada ilustrasi di atas kita selalu membeli emas dengan harga tetap (tidak ada kenaikan) dan berharap pada saat menjual terjadi kenaikan
ilustrasi yg diberikan ebook berkebun emas sepertinya gagal

dan sepertinya konsep ini mengarah ke riba

E = mc˛
05-05-2011, 03:27 PM
ada yg punya ebook kebun emas? :ninja:

soalnya kok ujug2nya malah jualan ebook --> udah sering liat ebook2 motivasi yg dijual begituh. mirip berbau MLM pula :ninja:

GiKu
05-05-2011, 03:55 PM
cek ricek http://purwo.com/kebun-emas

E = mc˛
05-05-2011, 04:03 PM
^ wow.. sangat spekulatif sekali yah? dan jelas nyerempet-nyerempet ke riba. btw, sy suka komentar org di bawahnya

cara investasi nyrempet-nyrempet spekulasi klasik seperti ini sebenarnya sudah umum terpikirkan di masyarakat, jadi tidak perlu ebook dengan embel-embel \"rahasia\" dan sales letter yang bombastis untuk menjelaskan tentang metode spekulasi seperti ini. Sebab bisa jadi masyarakat yang terlanjur membeli ebook-nya akan merasa agak tertipu: \"wong cara ini sudah tahu sejak dulu kok…\" kata mereka dalam hati

lgipula, apakah benar menerapkan cara ini banyak keuntungannya? mari kita ulas:

- ada yang kurang dari ilustrasi di atas. yaitu tidak ditampilkan perbedaan antara harga jual dan harga beli. padahal bila ikut dimasukkan perhitungan, hasilnya cukup signifikan mengurangi \"keuntungan\".

kita hitung ulang:
harga buyback emas (antam) 25gr adalah 93-94% harga jual. sehingga 60jt uang HASIL MENJUAL KEMBALI emas seperti tertulis di hitungan di atas mestinya bukan 60jt, tapi 93%x60jt = 56 juta.
jadi keuntungan bersihnya adalah \"mustinya\" -> 8jt rupiah (bukan 12jt)

- \"keuntungan\" di atas adalah \"keuntungan\" semu. yaitu keuntungan dihitung dari sisi RUPIAH saja (yang kelihatannya banyak, 8jt rupiah). Seharusnya keuntungan dihitung dari sisi EMAS YANG BERTAMBAH.

mari kita hitung
modal 24 juta di awal tahun = 24jt/360rbu = 66,66gr emas

modal + keuntungan di akhir tahun = 24+8= 32juta.
nilai emas = 32jt/468rbu = 68gram emas

emas bertambah 1,34gram. atau keuntungan \"sejati\" adalah 1,34gram x (93%x468rbu) = 583 ribu rupiah \"saja\"

lho terus yang 8jt kemana? yang 8 juta itu adalah termakan inflasi & termakan selisih harga jual & beli emas..

kenapa:
SEBAB NILAI EMAS BERTAMBAH, SEHINGGA ANDA HARUS MENGELUARKAN UANG LEBIH UNTUK MEMBELI LAGI EMAS ANDA, INILAH YANG MENYEBABKAN \"KEUNTUNGAN\" ANDA DALAM RUPIAH NAMPAK SIA-SIA SAJA MESKIPUN SECARA NILAI KELIHATANNYA BESAR

pertanyaannya:
beranikah anda meresikokan 24jt uang anda, untuk mendapatkan 500rbu dalam waktu satu tahun dengan spekulasi ini?

perlu diketahui bahwa emas tidak selalu naik 30% tiap tahun, tapi itu adalah rata-rata.
bagaimana kalau dalam waktu 1 tahun ternyata malah turun? dimana keuntungannya?

silahkan anda timbang-timbang kembali..

rahasia:
sebenarnya keuntungan yang asli adalah bukan dari menerapkan metode ini, tapi dari penjualan ebook & referal-referal dari orang-orang yang tertarik akan ebook tersebut

melalui prinsip sederhana:
BILA INGIN KAYA, TULISLAH & JUALAH BUKU TENTANG BAGAIMANA MENJADI KAYA. MAKA AKAN BANYAK ORANG YANG TERTARIK UNTUK MEMBELI BUKU ANDA. SEHINGGA ANDA AKAN MENJADI KAYA BENERAN

demikian mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan

terimakasih untuk pak moderator bila komen ini ditampilkan
udah beberapa kali sy liat link jualan ebook gituh. wotttt? buat beli ebook "rahasia kaya" ajah sampai jutaan rupiah? nehi-nehi :ninja:

AsLan
05-05-2011, 04:37 PM
Kebun Emas ?

Prinsip dasar dari kebun emas adalah ---> Hutang untuk beli Emas.
Sambil berharap kenaikan emas lebih tinggi dari bunga hutang, tht's all.

danalingga
05-05-2011, 04:50 PM
Eh, baru sadar. Kalo harga jual sama harga beli Emas antam itu selisihnya lumayan -- sampai 55 ribu per gram (maksimum). Ini berarti minimal kenaikan harga emas diatas 55 ribu per gram baru kita bisa untung.

Btw, hari ini harga Emas lagi turun tuh, mungkin yang mau beli dah bisa siap-siap nampung. :D

cha_n
05-05-2011, 04:52 PM
jadi jangan sampe tertipu orang jualan e-book ya sodara2, walo pake embel2 emas hehhehehe

AsLan
05-05-2011, 05:00 PM
Saya beli emas di toko emas yg memang menjual emas batangan antam.
Mengenai selisih jual-beli sih saya gak terlalu pusing soalnya memang beli emas buat disimpan lama, bukan buat jual beli, tapi memang harus dilihat juga selisihnya jangan keterlaluan.

GiKu
05-05-2011, 05:02 PM
kalau ada yg punya ebook berkebun emas, bolehlah dimodif jadi berkebun motor atau mobil, trus dijual kembali
:D

Pee Man
08-03-2012, 11:24 PM
Bro, klo qta bli LM, cara mudah mengetahui keaslian tuw barang dari mana?
dr sertifikatkah?kan bisa aja sertifikat dipalsuin..
dari uji fisikkah?lama gak siy uji fisik LM?
dari no seri LM kah?
mohon masukannya
Thx

itsreza
09-03-2012, 09:50 AM
Harusnya ada sertifikat kecil dari logam mulia/antam
tertulis spesifikasi: kadar, berat, nomor, dll
Biasanya di toko emas ada alat untuk menguji kadar emas.
Juga ga sembarang toko emas mau menjual/membeli LM

king lampas
09-03-2012, 03:15 PM
kyknya klo mo beli emas kudu bawa orang yg ud pengalaman deh, biar ga dikasih emas palsu..

cha_n
09-03-2012, 08:16 PM
beli di toko emas terpercaya lahhhh
atau beli langsung di antam, atau mau titip aku ? sini sini ::hohoho::