PDA

View Full Version : Tuhan dan Waktu



keremus
04-05-2011, 12:33 PM
Dalam teologi Islam dikenal bahwa Tuhan tidak berpermulaan atau qidam.
Saya tidak tahu untuk agama lain. Kalau ada silakan dipaparkan di sini.

Konsekuensinya, apakah bisa dikatakan Tuhan ada sebelum menciptakan
waktu ? Bagaimana membayangkan sesuatu yang tanpa waktu ?

Konon, sebelum Einstein menyelesaikan Teori Relativitas-nya, ia berkata
pada sahabatnya yang bernama Besso : " Saya ingin memahami waktu
karena saya ingin mendekati Tuhan "

Ada surat dalam Al Quran yang diberi judul Demi Waktu ( demi waktu/
sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian/kecuali orang-orang
yang beramal saleh/dan saling menasehati dalam kebaikan/dan kesabaran)


Tuhan pun bersumpah demi waktu, bukan ?

Perbincangan filosofis soal waktu :

1. Apakah waktu ciptaan Tuhan ?
2. Atau seiring berjalannya waktu, kemudian terciptalah Tuhan ?
3. Apakah waktu adalah keabadian ?
4. Apakah waktu itu Tuhan ?

E = mc˛
04-05-2011, 12:37 PM
apakah diskusi ini hanya untuk yang berTuhan saja? :D

secara fisika, waktu dimulai sejak dentuman big bang. sebelum itu, "tak ada" waktu. Tapi Hawking memperkanalkan konsep "waktu imajiner" yaitu "waktu sebelum big bang"

Ronggolawe
04-05-2011, 12:40 PM
1. atheis dan theis berbeda pendapat.
2. atheis dan theis masih berbeda pendapat.
3. bagaimana waktu dapat disebut abadi, sedangkan ia dipengaruhi oleh massa,
ruang, dan gravitasi.
4. atheis dan theis bersepakat untuk menjawab "Tidak"

keremus
04-05-2011, 01:04 PM
apakah diskusi ini hanya untuk yang berTuhan saja? :D

secara fisika, waktu dimulai sejak dentuman big bang. sebelum itu, "tak ada" waktu. Tapi Hawking memperkanalkan konsep "waktu imajiner" yaitu "waktu sebelum big bang"

Tidak, kembangkan saja sendiri.
Sekadar pengantar.

Boleh dijawab dari berbagai perpektif.

adinda
04-05-2011, 01:52 PM
waktu itu kan yg menciptakan / imajinasi manusia untuk mengukur usia hidupnya dan alam sekitarnya

Tuhan aku rasa melampui waktu, ga bsia di jabarkan dgn teori waktu dsb dsb itu

bahkan angka, hitung2an pun a/ ciptaan manusia sebagai tanda keterbatasannya...tapi Tuhan kan tidak terbatas dan diuar jangkauan pikiran manusia

mungkin nih, waktu itu sendiri tidak ada ..bagi Tuhan..

imho

adinda
04-05-2011, 02:00 PM
Tuhan bukan penemu jam atw kalender, meskipun Dia adalah 'orang' dibalik itu semua...hehe..imho

AsLan
04-05-2011, 09:05 PM
Apakah Atheis percaya tidak ada waktu sebelum big bang ?

logikanya, kalau waktu tidak ada maka tidak akan ada yg bisa sampai ke masa big bang, dengan kata lain big bang takkan ada.

Yuki
04-05-2011, 10:34 PM
Konsekuensinya, apakah bisa dikatakan Tuhan ada sebelum menciptakan
waktu ?
Benar.
Bagaimana membayangkan sesuatu yang tanpa waktu ?
Tidak bisa bukan? Karena akal manusia terbatas.
1. Apakah waktu ciptaan Tuhan ?
Benar.
2. Atau seiring berjalannya waktu, kemudian terciptalah Tuhan ?
Tidak.
3. Apakah waktu adalah keabadian ?
Ya, abadi karena Tuhan menghendakinya demikian. Tapi perlu diingat Tuhan tidak terikat dengan waktu.
4. Apakah waktu itu Tuhan ?
Tentu saja tidak.

purba
04-05-2011, 10:41 PM
Pertama, kenali dulu apa yg dimaksud dgn waktu. Coba lihat bagaimana orang mengukur waktu? Dengan menggunakan sesuatu yg berubah secara berulang, bukan? Misalnya putaran jarum jam, putaran bulan mengelilingi bumi, putaran semu matahari mengelilingi bumi, putaran bumi mengelilingi matahari, dst. Putaran tsb tidak lain adalah perubahan yg selalu berulang. Jadi, waktu ada karena kita mengamati adanya perubahan. Bayangkan andaikan di sekitar kita tidak ada perubahan sama sekali, akankah ada waktu?

:))

Yuki
04-05-2011, 11:19 PM
^
lalu penjelasan tsb hubungannya dengan Tuhan apa?

Lighto
03-06-2011, 01:21 PM
Waktu itu istilah kita dan istilah yang diberikan Tuhan agar memudahkan kita berpikir dan mengkonsep ruang, peristiwa dll gw rasa. Karena keterbatasan akal kita yg diberikan Tuhan.
Bisa jadi sebenarnya kita itu diam tak bergerak dalam ruang dan waktu itu sendiri.
Lagipula waktu itu kan relatif. Tergantung dari dimana atau satuan yang digunakan apa. Yang paling gampang soal perputaran planet misalnya. 1 hari dibumi itu 24jam. Tapi dijauh sana, di Jupiter dst. 1 hari bisa ratusan taun.
Lalu pertanyaannya, misalnyaaa... Disana ada makhluk hidupnya seperti kita, akan hidup berapa lama klo sehari saja ratusan taun disana. Atau kalau tidak, dalam hitungan waktu apa yg digunakan?

Jadikan kembali lagi... Waktu relatif. Hanya alat bantu kita memahami hakekat kehadiran kita didunia agar mengerti batas kehadiaran kita.

Apakah waktu Tuhan? Jelas bukan.
Apakah waktu ciptaan Tuhan? Menurut gw itu pasti.
Apakah waktu itu keabadian? Gw rasa yang abadi itu bukan waktu tapi emptyness. Ruang hampa. Apa itu ruang hampa? Gw jg ga ngerti. Tapi gw rasa ada somekind of place like that. Tempat semua ada tapi tiada.
Seperti apa itu? Ga tau. Pikiran kita diciptakan tidak sampai kesana gw rasa.

Alip
03-06-2011, 01:52 PM
Bayangkan andaikan di sekitar kita tidak ada perubahan sama sekali, akankah ada waktu?:))

lalu penjelasan tsb hubungannya dengan Tuhan apa?

Menurut saya penjelasan Abang Purba itu bagus sekali dan sangat menjelaskan hubungannya dengan Tuhan. Tidak ada dinamika, maka tidak ada waktu. Tidak ada ruang, tidak ada pula waktu. Tidak ada waktu, tidak ada dimensi yang lain (3+n), tidak ada dunia paralel, tidak ada apa-apa.

... sedangkan Tuhan ada di luar semua definisi itu, yang semuanya bisa dicerna oleh akal.

ndableg
03-06-2011, 03:35 PM
Menurut gw sih waktu bagi manusia adalah putaran bumi. Kalo bumi berhenti berputar maka waktu manusia terhenti. Yg jelas siang malam ga ada lagi.

ndableg
03-06-2011, 03:38 PM
waktu itu kan yg menciptakan / imajinasi manusia untuk mengukur usia hidupnya dan alam sekitarnya

Tuhan aku rasa melampui waktu, ga bsia di jabarkan dgn teori waktu dsb dsb itu

bahkan angka, hitung2an pun a/ ciptaan manusia sebagai tanda keterbatasannya...tapi Tuhan kan tidak terbatas dan diuar jangkauan pikiran manusia

mungkin nih, waktu itu sendiri tidak ada ..bagi Tuhan..

imho

Saya setuju dgn pendapat adinda. Waktu yg kita bicarakan adalah waktu bagi manusia (di dunia) di mana manusia akhirnya menemukannya sendiri. Waktu bagi manusia jelas tidak terpengaruh bagi Tuhan ato bahkan alien di galaksi lain (kalo ada) sekalipun.

beastmen85
04-06-2011, 11:07 AM
Konsekuensinya, apakah bisa dikatakan Tuhan ada sebelum menciptakan
waktu ?
Benar.
Bagaimana membayangkan sesuatu yang tanpa waktu ?
Tidak bisa bukan? Karena akal manusia terbatas.
1. Apakah waktu ciptaan Tuhan ?
Benar.
2. Atau seiring berjalannya waktu, kemudian terciptalah Tuhan ?
Tidak.
3. Apakah waktu adalah keabadian ?
Ya, abadi karena Tuhan menghendakinya demikian. Tapi perlu diingat Tuhan tidak terikat dengan waktu.
4. Apakah waktu itu Tuhan ?
Tentu saja tidak.

buktinya?

tidak usah dijawab

semua selalu menemui jalan buntu jika hanya berdasarkan kepercayaan

dan kepercayaan mmg tidak bisa diganggu gugat, akal manusia memang benar terbatas

nambah : bg gw Tuhan itu anonim, bukan bener2 real, tp merupakan manifestasi thd sesuatu yg "tertinggi" dan selalu diembel2i dengan kata2 "maha" pada sifat2nya, meski sifat2 tsb kontradiktif

satmata
14-06-2011, 01:01 PM
Kalo membahas sesuatu sebaiknya Kira tau dulu apa arti Dan maknanya........waktu itu apa sih ? Ini Aja dulu biar jelas...

kimochi
15-09-2011, 07:05 PM
Sundul ya. ::hihi::

belum bisa komen. masi cetek fikirannya bahas ginian. ::ungg::

AsLan
15-09-2011, 08:14 PM
Jangan membatasi waktu dengan konsep jam, hari, bulan atau pergerakan bintang.
Tanpa bintang, waktu tetap ada.

Gampangnya,
Waktu itu membedakan mana yg duluan, mana yg belakangan.

Misalnya saya mengatakan "Satu Tiga"
Saya mengatakan kata "Satu" duluan sebelum kata "Tiga"

Jadi, tanpa bulan dan bintang, waktu itu tetap ada.

Lalu mengenai kekekalan.

Kalau jarak antara kata "Satu" dan kata "Tiga" adalah 0, artinya kata "Satu" dan kata "Tiga" diucapkan bersamaan.
Kalau jarak antara kata "Satu" dan kata "Tiga: adalah ~, artinya setelah kata "Satu" takkan pernah lagi terucap kata "Tiga"

Jelas ?

Ronggolawe
15-09-2011, 08:22 PM
Waktu itu membedakan mana yg duluan, mana yg belakangan.
Itu sih bukan Waktu melainkan persepsi indera yang
dimiliki manusia terhadap waktu.


Jadi, tanpa bulan dan bintang, waktu itu tetap ada.
Nanggung amat, bisa ngga loe mengatakan waktu
masih "eksis" tanpa adanya ruang/massa?

kimochi
15-09-2011, 08:27 PM
Jangan membatasi waktu dengan konsep jam, hari, bulan atau pergerakan bintang.
Tanpa bintang, waktu tetap ada.

Gampangnya,
Waktu itu membedakan mana yg duluan, mana yg belakangan.

Misalnya saya mengatakan "Satu Tiga"
Saya mengatakan kata "Satu" duluan sebelum kata "Tiga"

Jadi, tanpa bulan dan bintang, waktu itu tetap ada.

Lalu mengenai kekekalan.

Kalau jarak antara kata "Satu" dan kata "Tiga" adalah 0, artinya kata "Satu" dan kata "Tiga" diucapkan bersamaan.
Kalau jarak antara kata "Satu" dan kata "Tiga: adalah ~, artinya setelah kata "Satu" takkan pernah lagi terucap kata "Tiga"

Jelas ?

malah tambah bingung kop. ::ungg::

Itu "satu", "tiga", dst maksudhnya gimana. Ntar saya baca ulang. ::ungg::

AsLan
15-09-2011, 08:50 PM
Coba katakan keras2 : "Satu... Tiga... !"

Dari situ jelas bahwa :

pertama-tama saya menyebut "Satu"
lalu
Saya menyebut "Tiga"


Contoh lain...

Kepala saya kejeduk tembok
kemudian
Kepala saya berdarah

mana yg terjadi duluan ? kepala kejeduk atau kepala berdarah ?

Dari urutan kejadian-kejadian, terbukti bahwa waktu itu ada.

purba
16-09-2011, 02:13 PM
^
lalu penjelasan tsb hubungannya dengan Tuhan apa?

Hubungannya dgn tuhan? Dengan waktu sebagai persepsi manusia thd perubahan, maka tuhan tidak ada. :))

AsLan
16-09-2011, 02:23 PM
Sebetulnya Tuhan memberikan sedikit kemampuan untuk merelativitasi waktu kepada manusia, kemampuan itu ada di dalam pikiran.
Pikiran manusia bisa berjalan sesuai waktu, misalnya saat mengikuti irama musik.
Tapi pikiran manusia juga bisa loncat membayangkan masa depan atau loncat memikirkan masa lalu.

Didalam pikiran manusia ada wilayah yg tak terbatas oleh waktu, anda bisa tinggal di masa lalu selamanya, atau terus bermimpi tentang masa depan atau loncat2 diantaranya.

purba
16-09-2011, 07:42 PM
Sebetulnya Tuhan memberikan sedikit kemampuan untuk merelativitasi waktu kepada manusia,

Tahu dari mana kalo tuhan memberikan sedikit? :))

AsLan
16-09-2011, 09:28 PM
Karena bagaimanapun waktu imaginer yg ada di otak kita bukan waktu real, makanya gw bilang sedikit.

Kalo ada orang yg bisa mengendalikan waktu real, loncat2 dari masa ke masa seenaknya sendiri, nah itu baru gw bilang banyak.

Tapi terserah lu sih, mau bilang banyak atau sedikit, moggo.

mencari_makna
14-12-2011, 01:49 PM
katanya: "waktu adalah dimensi keempat dari ruang. jadi adanya waktu karena adanya ruang. adalagi dimensi ke 5 , 6, 7, 8, dan 9 atau Islam menyebutnya sebagai 7 lapis langit dan bumi. atau pintu neraka ada 7 dan pintu sorga ada 9." ............... entah kata siapa

beast78
03-01-2012, 04:55 PM
1. Apakah waktu ciptaan Tuhan ? tuhan ga ciptain apa2
2. Atau seiring berjalannya waktu, kemudian terciptalah Tuhan ? tidak
3. Apakah waktu adalah keabadian ? ketika manusia meninggal org mengatakan waktunya sdh habis...tp bg yg idup waktu trus brjalan
4. Apakah waktu itu Tuhan ? waktu adalah waktu

Yuki
03-01-2012, 05:26 PM
Pertama, kenali dulu apa yg dimaksud dgn waktu. Coba lihat bagaimana orang mengukur waktu? Dengan menggunakan sesuatu yg berubah secara berulang, bukan? Misalnya putaran jarum jam, putaran bulan mengelilingi bumi, putaran semu matahari mengelilingi bumi, putaran bumi mengelilingi matahari, dst. Putaran tsb tidak lain adalah perubahan yg selalu berulang. Jadi, waktu ada karena kita mengamati adanya perubahan. Bayangkan andaikan di sekitar kita tidak ada perubahan sama sekali, akankah ada waktu?

:))
hanya sekedar berandai-andai saja bukan? Harapan kosong, karena yg sebenarnya terjadi adalah perubahan itu mutlak

daylight
30-05-2012, 05:56 PM
1. Apakah waktu ciptaan Tuhan ?
Tidak, ukuran waktu (Abad,tahun,bulan,minggu,hari,jam,menit dan detik) itu diciptakan manusia.

2. Atau seiring berjalannya waktu, kemudian terciptalah Tuhan ?
Menurut saya tidak ada korelasi waktu dengan terciptanya Tuhan

3. Apakah waktu adalah keabadian ?
Kalau yang dimaksud dengan waktu itu ukurannya, ya pasti berubah terus, seperti halnya begitu banyak jenis2 penanggalan di dunia. Kalau yang dimaksud waktu itu adalah perubahan yang berkesinambungan, ya dapat dikatakan waktu itu adalah abadi.

4. Apakah waktu itu Tuhan ?
Sekali lagi ya, tidak ada korelasinya antara Tuhan dan waktu, karena waktu itu bisa diukur, tentunya dengan ukuran yg diciptakan manusia. Sedangkan Tuhan, menurut saya adalah sebuah metafora dari hubungan manusia dengan sekitarnya, yang setiap pengalaman interaksinya akan membuatnya menjadi bertambah yakin akan apa yang diyakininya manusia itu sendiri, apalagi jika belum terbantahkan. Dan manusia yang meyakininya tersebut akan membagi pengalamannya dengan orang-orang yang mempunyai persepsi yang sama, sehingga keyakinan itu akan menjadi bertambah besar dan pada gilirannya akan mendorong dibuat prinsip-prinsip standard yg kita sebut dogma, norma, etika dan agama pada gilirannya.

ndableg
31-05-2012, 12:42 AM
Waktu itu adalah dimensi ke 4, di mana dimensi ke 3 membentuk garis waktu. Spt titik2, membentuk garis, garis2 membentuk bujursangkar (2 dimensi), dan bujursangkar2 membentuk kubus.

http://youtu.be/MN4KC_zlW4g

sedgedjenar
31-05-2012, 10:46 AM
3. Apakah waktu adalah keabadian ? ketika manusia meninggal org mengatakan waktunya sdh habis...tp bg yg idup waktu trus brjalan


padahal setelah orang meninggal, disana ada alam penantian
kenapa disebut alam penantian ? karena kerjaannya disana cuma menanti, menunggu
menunggu apa ?
menunggu waktu

::ngakak2::

mencari_makna
01-06-2012, 05:36 PM
Waktu yang terukur sekarang karena peredaran bumi mengelilingi matahari. menimbulakan ruang tiga dimensi.. bagaimana jika waktu itu dipercepat melebihi kecepatan cahaya atau diperlambat? maka menimbulkan dimensi keempat atau dimensi yang lebih rendah lagi... atau agama menyebutnya sebagai sorga dan neraka...