PDA

View Full Version : Bahasa arab melayu



Asum
18-02-2011, 08:13 PM
BAHASA ARAB MELAYU



Aksara Arab Melayu adalah modifikasi dari aksara Arab yang disesuaikan dengan Bahasa Melayu. Munculnya aksara ini akibat pengaruh budaya Islam yang lebih dulu masuk dibandingkan dengan pengaruh budaya Eropa di jaman kolonialisme dulu. Aksara ini dikenal sejak jaman Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Malaka.


Aksara (huruf) Arab yang digunakan adalah :

alif ا — ba ب — ta ت — tsa ث — jim ج — ha ح — kho خ — dal د — dza ذ — ro ر — za ز — sin س — syin ش — shod ص — dhod ض — tho ط — dlo ظ — ‘ain ع — ghin غ — fa ف — qof ق — kaf ك — lam ل — mim م — nun ن — wau و — Ha ه — ya ي — hamzah ء — lam alif لا


Aksara tambahan yang digunakan adalah :

cha چ (ha bertitik 3) — nga ڠ (ain bertitik tiga) — pa ڤ (fa bertitik 3) — ga ڬ (kaf bertitik) — va ۏ (wau bertitik) — nya ڽ (nun bertitik 3)


Angka Arab yang digunakan adalah :

0 ٠ — 1 ١ — 2 ٢ — 3 ٣ — 4 ٤ — 5 ٥ — 6 ٦ — 7 ٧ — 8 ٨ — 9 ٩ 10 ١٠


Cara penulisan (dengan asumsi anda pernah belajar menulis/membaca Al-Quran) :

1. Aksara ditulis secara gundul, sering disebut sebagai Arab Gundul.
2. Huruf alif yang berdiri sendiri berbunyi a atau e.
3. Huruf alif yang diikuti wau berbunyi u atau o.
4. Huruf alif yang diikuti ya berbunyi i atau é.
5. Konsonan diikuti huruf alif akan berbunyi fatah (bunyi a).
6. Konsonan diikuti huruf wau akan berbunyi dhomah (bunyi u).
7. Konsonan diikuti huruf ya akan berbunyi kasroh (bunyi i).
8. Konsonan di awal atau di tengah kata tanpa diikuti alif, wau atau ya berbunyi fatah (bunyi a atau e)
9. Konsonan di akhir kata adalah konsonan mati, kecuali diikuti alif, wau atau ya.
10. Huruf ain digunakan sebagai penanda huruf k seperti pada kata rakyat رعيت

Contoh penulisan :


سيا سداڠ بلجر منوليس عرب مليو, ڬوندول ڤولا
Saya sedang belajar menulis Arab Melayu, gundul pula.


ترڽتا سوسح ديتوليس, اڤلڬي ديبچا كرنا تيدك كونسيستان
Ternyata susah ditulis, apalagi dibaca karena tidak konsisten.


http://myquran.com/forum/images/smilies/user8/nulis.gif

----------------
Catatan :

Semua aksara (huruf) Arab di atas ditulis menggunakan Unicode, akan tampil di browser anda jika koleksi font anda ada yang memiliki character-set Arabic (ISO-8859-6). Aksara tambahan Arab-Melayu mengambil Unicode Old-Malay, Urdu atau Persian. Contoh font yang memiliki character-set Arabic ISO-8859-6 adalah “Andalus”, “Arial”, “Arial Unicode MS”, “Code2000″, “Courier New”, “Microsoft Sans Serif”, “Lucida Bright”, “Lucida Sans” dan “Lucida Sans Typewriter”, “Tahoma” dan “Times New Roman”.

Sauron
02-04-2011, 12:48 AM
Wah, izin nyimak gan.

Ane cuman bisa bantu nyundul. Gak ada yg repli nih trit. :)

keremus
02-04-2011, 12:50 PM
entah mengapa saya agak bisa baca neh arab melayu sejak kecil,
kan ada tuh di bagian belakang Al Quran gede kalo ndak salah terbitan
depag


tulisan ini digunakan pada naskah2 kuno melayu kali ya?

Asum
02-04-2011, 05:05 PM
Paling banyak di buku Yasinan, saya juga pertamanya bingung waktu baca taunya itu huruf Arab Melayu.

Contoh :


فضيلة ممباچ يس

اورڠ يڠ ممباچ يس فدا ملم جمعة مك اي دافت اڬم قوة


Coba di baca mbah ... :D

keremus
04-04-2011, 12:23 AM
فضيلة ممباچ يس

اورڠ يڠ ممباچ يس فدا ملم جمعة مك اي دافت اڬم قوة


Fadhilah membaca yasin
Orang yang membaca yasin pada malam jumat maka ia dapat .....(tunggu kata terakhir agak sulit buat saya..)

Asum
04-04-2011, 07:56 PM
Fadhilah membaca yasin
Orang yang membaca yasin pada malam jumat maka ia dapat .....(tunggu kata terakhir agak sulit buat saya..)

Coba lihat lagi transliterasi hurufnya, salute deh sama sampeyan bisa baca huruf Arab Melayu.

Walau rada aneh, tapi kelanjurannya adalah : agama kuat

[OOT] kira2 baca Arab gundul itu seperti itu, antum hanya tinggal ngapalin kosa kata dalam bhs Arab dan tata bahasanya supaya bisa baca Arab gundul. Kita bisa baca huruf Arab Melayu karena kita memiliki perbendaharaan kata tsb sehingga dihilangkan huruf hidupnya tidaklah membuat kita sulit membacanya :D

Asum
04-04-2011, 08:22 PM
Lanjut yuk, ini saya salin lagi dari buku Yasinan, lanjutan dari kalimat di atas


تله برسبدا رسول الله برڠسياف ممباڇ يس فدا ملم هارى مك ايسٶث د أمفونى الله تعلى دوساث

keremus
04-04-2011, 09:32 PM
Lanjut yuk, ini saya salin lagi dari buku Yasinan, lanjutan dari kalimat di atas


تله برسبدا رسول الله برڠسياف ممباڇ يس فدا ملم هارى مك ايسٶث د أمفونى الله تعلى دوساث


Telah bersabda rasulullah barang siapa membaca yasin pada malam hari maka
.............diampuni Allah ta'ala dosanya

Parameswara Li
22-08-2011, 06:54 PM
Berarti harusnya judulnya Aksara Arab Melayu, bukan Bahasa Arab Melayu. Karena yang dibahas adalah aksara, bukan bahasa. Penggunaan aksara Arab adalah hal yang sangat wajar karena banyak bahasa-bahasa non Arab yang ditulis dengan aksara Arab (tentu dengan beberapa penyesuaian), contohnya bahasa Persia dan bahasa Urdu.

Fere
06-03-2012, 12:34 PM
Telah bersabda rasulullah barang siapa membaca yasin pada malam hari maka
.............diampuni Allah ta'ala dosanya

........... = esoknya ?

elhakim
14-03-2012, 04:15 PM
hehehe.. ada juga toh yg post ini.. ibu sy jago baca ini, maklum orang dulu, hehehe.. sy juga bisa sedikit-sedikit.. ada juga yg bilang kalau ini namanya arab bego, karena gak ada harokatnya.. biasanya di hal. depan alquran suka ada yang seperti ini.. but, sy juga suka baca ini.. dirumah ibu sy punya buku arab melayu yg mengisahkan tentang riwayat nabi muhammad.. dari ia lahir, isra mi'raj dan seterusnya.. udah agak lusuh bukunya, tapi sarat akan ilmu.. tapi sekarang sy jarang menemui buku yg seperti itu..

gan, mungkin kita bisa belajar bareng baca ini..??? hehehehe...

Fere
14-03-2012, 05:21 PM
setuju bro.. :-bd ayo belajar bareng, bro asum mana neh?

tapi sejujurnya tulisan dari bro asum ini agak sulit buat dibaca, soalnya gw rasa ada beberapa huruf yg kurang CMIIW

Asum
14-03-2012, 09:38 PM
Berarti harusnya judulnya Aksara Arab Melayu, bukan Bahasa Arab Melayu. Karena yang dibahas adalah aksara, bukan bahasa. Penggunaan aksara Arab adalah hal yang sangat wajar karena banyak bahasa-bahasa non Arab yang ditulis dengan aksara Arab (tentu dengan beberapa penyesuaian), contohnya bahasa Persia dan bahasa Urdu.
Betul, lebih tepatnya "Aksara Arab Melayu", karena tetap memakai bahasa Melayu tetapi ditulis dengan aksara Arab dengan sedikit modifikasi. ::clap2::

---------- Post added at 08:35 PM ---------- Previous post was at 08:32 PM ----------


hehehe.. ada juga toh yg post ini.. ibu sy jago baca ini, maklum orang dulu, hehehe.. sy juga bisa sedikit-sedikit.. ada juga yg bilang kalau ini namanya arab bego, karena gak ada harokatnya.. biasanya di hal. depan alquran suka ada yang seperti ini.. but, sy juga suka baca ini.. dirumah ibu sy punya buku arab melayu yg mengisahkan tentang riwayat nabi muhammad.. dari ia lahir, isra mi'raj dan seterusnya.. udah agak lusuh bukunya, tapi sarat akan ilmu.. tapi sekarang sy jarang menemui buku yg seperti itu..

Betul, nenek dari istri saya pun punya buku tsb. Saya cukup kagum, ternyata kebudayaan Arab begitu melekat di tanah air sehingga diabadikan dalam aksara Arab Melayu.


gan, mungkin kita bisa belajar bareng baca ini..??? hehehehe...
Kenapa tidak ... ? sambil berlatih baca Arab bego, kalau saya menyebutnya Arab gundul alias gak gondrong :D

---------- Post added at 08:37 PM ---------- Previous post was at 08:35 PM ----------


setuju bro.. :-bd ayo belajar bareng, bro asum mana neh?

tapi sejujurnya tulisan dari bro asum ini agak sulit buat dibaca, soalnya gw rasa ada beberapa huruf yg kurang CMIIW
Itu saya tulis sesuai yang tercantum dalam buku yasinan yang saya punya. Saya awalnya setengah mati membacanya -karena terfocus bahasa Arab-, ternyata itu bahasa Indonesia (Melayu) dengan aksara Arab, sampe ngakak saya awalnya ... ::ngakak2::

---------- Post added at 08:38 PM ---------- Previous post was at 08:37 PM ----------

Kalau ada sumber lain dari sdr elhakim, silahkan copas di mari dan sama-sama kita baca sambil latihan. Bagusan dibuat lomba, jadi ada hadiahnya ::ungg::

Fere
15-03-2012, 03:50 PM
Betul, nenek dari istri saya pun punya buku tsb. Saya cukup kagum, ternyata kebudayaan Arab begitu melekat di tanah air sehingga diabadikan dalam aksara Arab Melayu.

kalo gak salah, karya2 sastra lama macam Gurindam 12-nya Raja Ali Haji kan juga ditulis dengan arab melayu ini..

kalo di sini biasa disebut arab pegon..

Asum
17-03-2012, 09:31 AM
kalo gak salah, karya2 sastra lama macam Gurindam 12-nya Raja Ali Haji kan juga ditulis dengan arab melayu ini..

kalo di sini biasa disebut arab pegon..
Tetapi huruf-huruf konsonannya sama saja saya kira, seperti ini
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9a/Pegon.jpg

Bedanya, untuk Arab Pegon selalu dibubuhi huruf penanda vokal (harakat).

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/77/Pegon_swara.jpg

Karena jika tidak ada penanda vokal -alias gundul- maka hanya disebut Arab Melayu atau Arab Jawi alias Arab gundul atau Arab Bego. CMIIW ::ungg::


Yuk, kita coba topik ini untuk belajar membaca kalimat dalam Aksara Melayu alias Jawi alias Pegon. Mungkin rekan Fere bisa sedikit memberikan beberapa tulisan dari buku-buku yang anda punya.



Sekedar sharing, bagi yang ingin menulis huruf-huruf Arab bisa pakai Arabic-Pad, download di sini : http://www.brothersoft.com/arabic-pad-284045.html
http://img.brothersoft.com/s_screenshot/softimage/a/arabic_pad-284045-1252311499.jpeg

Asum
17-03-2012, 10:39 AM
Yuk kita coba lagi membaca kalimat dalam aksara Arab Melayu ini :


سمبوتن منْترى أڬام ريفوبْلك إندوْنيسيا
فدا فنرْبيتن القران ستندار أوله فارا فنرْبيت سواسْتا

Ada yang mau membantu membacakannya ... ::ungg::

Fere
17-03-2012, 01:32 PM
..

oh jadi kalo pegon itu make harokat ya? oke i see.. ::up::


Yuk, kita coba topik ini untuk belajar membaca kalimat dalam Aksara Melayu alias Jawi alias Pegon. Mungkin rekan Fere bisa sedikit memberikan beberapa tulisan dari buku-buku yang anda punya.
wah maaf pak asum, saya gak punya koleksi arab jawi atopun pegon...
dulu saya cuman dikasih pinjem sama temen, itupun fotokopian tulisan tangan, bukan versi cetak hehehe...

posted by asum :

سمبوتن منْترى أڬام ريفوبْلك إندوْنيسيا
فدا فنرْبيتن القران ستندار أوله فارا فنرْبيت سواسْتا

sambutan menteri agama republik indonesia
pada penerbitan al qur'an standar oleh para penerbit swasta ??


tulisan awal sebelum dikoreksi zhazha:

sambutan menteri agama republik indonesia
pada penerbitan al qur'an standar awal para penerbit swasta ??

أوله = awal? <-- saya masih ragu dengan yg ini

Zhazha
17-03-2012, 05:10 PM
bukan awal, tapi oleh

Fere
17-03-2012, 05:29 PM
wah iya makasih ya dek zhazha atas koreksinya.. hehehe.. :jempol:

makanya saya tadi ragu2 make kata awal, soalnya di belakang masih ada huruf ه hehe..

padahal di atas sudah dijelaskan sama pak asum : ;D


3. Huruf alif yang diikuti wau berbunyi u atau o.

Asum
17-03-2012, 07:28 PM
Salute buat rekan Zhazha dan Fere, diam2 menghanyutkan .... :jempol:

kr15na
08-09-2012, 11:31 AM
makasi ada ruang pembahasan arab melayu..saya ingin tolong di translate kalimat2 ini ke bahasa arab melayu, tolong di bantu yach makasi
"tahun 1965 kabupaten indragiri dimekarkan menjadi dua kabupaten, salah satunya bernama kabupaten indragiri hulu, dan rengat sebagai ibukotanya. kota rengat terletak di tepi sungai indragiri. untuk pengembangannyakota rengat, maka pembangunannya diarahkan ke permatang rebah. karena itu kota rengat semakin berkembang dan mudah dijangkau."

treywicth
13-11-2013, 06:32 PM
untuk aksara Jawi ini, apakah ada semacam badan pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia

Yang bertugas dan berwenang untuk mengatur penyerapan dan penulisan istilah2 secr baku baik yg serapan baru ataupun penulisan ?

setelah membaca dan menghapal aturan dan tatacara penulisan, dan coba2 menulis, gw masih terkadang kesulitan membaca hasil tulisan sendiri.
jd sbg pembelajaran, Gw jg menulis harakatnya.. hehehehe..

Oya, mengapa Aksara Jawi ditulis tanpa harakat ?
bukankah akan lebih mudah membaca konsonan U dgn harakat ketimbang menambahkan huruf wau sbg penanda huruf U.

Parameswara Li
13-11-2013, 10:59 PM
Oya, mengapa Aksara Jawi ditulis tanpa harakat ?
bukankah akan lebih mudah membaca konsonan U dgn harakat ketimbang menambahkan huruf wau sbg penanda huruf U.

Karena dimana-mana memang seperti itu. Ketika huruf Arab dipakai sebagai bentuk tulis untuk bahasa-bahasa lain, memang tanpa Harakat. Dalam Bahasa Arab sendiri fungsi Harakat itu hanya untuk memudahkan orang yang baru belajar.

kandalf
14-11-2013, 06:54 AM
untuk aksara Jawi ini, apakah ada semacam badan pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia

Yang bertugas dan berwenang untuk mengatur penyerapan dan penulisan istilah2 secr baku baik yg serapan baru ataupun penulisan ?

Setahuku tidak.
Lagipula aksara jawi ini sudah nyaris gak dipakai kecuali di kalangan pesantren.
Saya dulu belajar baca juga dari kawan-kawan Rohis SMU.


setelah membaca dan menghapal aturan dan tatacara penulisan, dan coba2 menulis, gw masih terkadang kesulitan membaca hasil tulisan sendiri.
jd sbg pembelajaran, Gw jg menulis harakatnya.. hehehehe..

Oya, mengapa Aksara Jawi ditulis tanpa harakat ?
bukankah akan lebih mudah membaca konsonan U dgn harakat ketimbang menambahkan huruf wau sbg penanda huruf U.


Karena dimana-mana memang seperti itu. Ketika huruf Arab dipakai sebagai bentuk tulis untuk bahasa-bahasa lain, memang tanpa Harakat. Dalam Bahasa Arab sendiri fungsi Harakat itu hanya untuk memudahkan orang yang baru belajar.


Yup.
Beberapa kalimat bahasa Arab yang memang sudah familiar untukku, bisa kubaca tanpa harakat.
Tapi sebagian besar sih masih belum bisa karena tidak familiar. :D

treywicth
15-11-2013, 12:50 PM
Setahuku tidak.
Lagipula aksara jawi ini sudah nyaris gak dipakai kecuali di kalangan pesantren.
Saya dulu belajar baca juga dari kawan-kawan Rohis SMU.


Propinsi Riau dgn visi Riau 202 sbg pusat peradaban/kebudayaan Melayu di lingkar ASTENG sudah mengaktifkan kembali penggunaan aksara Jawi krn kedudukannya sbg salah satu ciri khas budaya Melayu
walau saat ini baru sebatas sebagaimana pembelajaran dan penerapan aksarana Hanacaraka di Jateng.

Sementara di jiran sebelah, mrk sampai bersedia bersusah-payah menerbitkan kamus jawi melayu dewan yg skr sdh mencapai edisi ke 2.

dan klinik jawi di radio ikimfm.

lumayan, scr umum bisalah diterapkan dlm Bahasa Indonesia.

Mungkin beberapa dekade ke depan dgn syarat pembelajaran dan pemakaian ajek, aksara jawi akan setidaknya sejajar dgn aksara rumi. Sejarah toh selalu berulang.
maaf, tdk bisa mempos tautan ke situs rujukan termaksud.



Yup.
Beberapa kalimat bahasa Arab yang memang sudah familiar untukku, bisa kubaca tanpa harakat.
Tapi sebagian besar sih masih belum bisa karena tidak familiar. :D

sama kasusnya dgn w, bisa membaca sebagian kalimat Arab yg sudah hapal, tp w jg masih menulis aksara jawi dgn harakat terutama untuk penanda Alif apakah sbagai u, a, i :D

Tambahan.

Aksara Arab Melayu atau Aksara Jawi adalah salah satu dr 2 aksara resmi yg digunakan oleh Negara Brunei Darussalam.
jadi masih dipakai walaupun tdk seluas aksara Rumi.