PDA

View Full Version : Mengajari anak menggosok gigi



cha_n
18-02-2011, 07:24 PM
Bagaimana ya cara mengajari anak menggosok gigi secara efektif?

Miki 4 tahun, giginya sudah memprihatinkan, karena memang dari awal tidak pernah dipaksa menggosok gigi. Sekarang harus rawat jalan tiap minggu ke dokter gigi spesialis anak.
Kasihan deh pokoknya.
Melihat itu aku ga mau Hegel bernasib serupa. Jadi sekarang, selagi giginya masih bagus semua aku paksa menyikat gigi.

Berat juga, pasti nangis kalau disuruh sikat gigi.
Ada ide bagaimana supaya bisa membujuk anak menyikat gigi dengan sukarela?

BundaNa
18-02-2011, 09:26 PM
yg si iklan pepsodent bisa dicontoh chan, kalau mau ngajarin sikat gigi ya sambil emaknya sikatan sambil nyanyi2 sambil diceritain

cha_n
19-02-2011, 05:10 AM
udah sering kulakukan, aku ngasih contoh dulu, sama2 sikatan tapi ya gitu deh... musti sabar kali ya, berulang2 kali. kalau masih ga mau terpaksa gaya militer lagi :D

BundaNa
19-02-2011, 06:53 AM
hu uh...musti sabar....daku sih udah ngegosok gigi Nadhira sejak 9 bulan...jadi sekarang kalau disodorin sikat gigi udah pasti mangap heheheh

ndugu
19-02-2011, 08:03 AM
nah lho.
baru juga di thread kemaren sebelum migrasi..
pake sistem nyogok chan.... LOL

BundaNa
19-02-2011, 09:06 AM
nyogok apa? abis sikat gigi boleh makan coklat? :lol:

Asum
19-02-2011, 01:23 PM
sikap gigi balita gak musti pake sikat, bisa pake kain yang lunak trus umi-nya yang ngelap gigi bayi sambil kasih perintah : "aaaaaa ..... iiiiiii....." http://www.laymark.com/i/m/m173.gif

cha_n
19-02-2011, 03:17 PM
oh iya, aku pake kain kasa, pake sikat gigi juga.
intinya sukarela ataupun tidak harus sikat gigi. serem banget ngeliat kondisi miki sekrang, jangan sampe si hegel kaya gitu juga.

kadang mau, tapi sebentar aja, lamaan dikit nangis :nangis2:

Asum
19-02-2011, 05:39 PM
kain jasa keras loh, bagusan kain sutra