PDA

View Full Version : Minum kopi menurut selera masing2 ...



ancuur
06-05-2013, 12:23 PM
http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/coffee2.jpg

Mari kita sharing, bagaimana minum kopi menurut seleramu..
baru bikin menu baru.. dengan komposisi sbb:


Bahan yg harus disiapkan:

mug kopi, ceret kecil, kopi bubuk dan 2 iris lemon plus gula putih lokal..

Cara memasak:

Masak air aQua secukupnya, setelah mendidih lalu masukan kopi dan gula,
lalu buka tutup ceret dan goyang sampai rata dengan memakai sendok..
setelah merata semua ambil saringan kopi, lalu tuangkan dari ceret ke mug..
setelah itu masukan 2 iris lemon kedalam mug..

Cara menikmati:

Setelah semua siap, taruh kopi itu di meja yang sudah di seting dengan
taplak meja yg besih, serta roti bakar (kalau ada) rokok kalau merokok..
lalu putarkan musik kesukaan anda misal "Sewu Kuto"

ternyata muantab banget dah, rasanya mild gethoO :jempol:

note: kopi yg aku pakai Naga Sanghie type Robusta

cherryerichan
06-05-2013, 12:28 PM
aku bingung..bahan kok jadi cahan,terus cara kok jadi bara?hihihi. kopi pokoke kasih aer..aduk aduk terus leep.

Ronggolawe
06-05-2013, 12:30 PM
rebus aqua kira-kira 50ml, tuangin satu takaran kopi
Nescafe Classic kedalam rebusan. Setelah air mendi
dih, tuang ke dalam mug kapasitas 300ml, lalu ditam
bahkan susu UHT.... diminum habis dalam satu kali
slurupan :)

ancuur
06-05-2013, 12:35 PM
aku bingung..bahan kok jadi cahan,terus cara kok jadi bara?hihihi. kopi pokoke kasih aer..aduk aduk terus leep.

salah.. kok yg di komen kesalahannya bukan rasanya :piso:


rebus aqua kira-kira 50ml, tuangin satu takaran kopi
Nescafe Classic kedalam rebusan. Setelah air mendi
dih, tuang ke dalam mug kapasitas 300ml, lalu ditam
bahkan susu UHT.... diminum habis dalam satu kali
slurupan :)

ah mana nikmat sekali teguk ::doh::
pelan2 dong minumnya.. dihayati cara pembuatannya :ngopi:

Ronggolawe
06-05-2013, 12:39 PM
karena gw bukan penikmat makanan atau minuman
Um... itu minumnya juga dipagi hari, cuma mengharap
kan efek kafein nya untuk memperpanjang melek nya
mata :)

ancuur
06-05-2013, 12:51 PM
ow begono...
btw besok2 cobain masukin irisan lemon ke dalem mug kopi :jempol:

GiKu
06-05-2013, 01:31 PM
1 sendok kopi cap kapal keruk
1 sendok gula pasir lokal
semua masuk ke dalam gelas ukuran 350ml (kira2 segitu)
rebus air sampe empuk, setelah itu tuangkan ke dalam gelas tadi
aduk2 trus tutup gelas
setelah kopi mengendap, mulailah disruput itu kopi

gak usah pake lagu sewu kuto juga gak apa2

red>,<hair
06-05-2013, 02:05 PM
1/4 sendok kopi item
2 sendok gula
aer panas (banget) 350ml

d minum sambil ngerjain kerjaan ;D

BundaNa
06-05-2013, 02:52 PM
saya sukanya kopi instan, java latte

lily
06-05-2013, 03:16 PM
sekarang udah ga minum kopi sih...

cuma dulu pernah coba...

kopi cair starbucks yang kemasan botol kaca , dituang ke blender , bareng ama es batu secukupnya. trus di blender. trus diminum glek glek. abisin sekali minum , soalnya rasa berubah kalo ga abis sekali minum.

kedua , kopi Old Town hazelnut tuang dalem mug gede , dicampur milo bubuk secukupnya. berhubung saya lebi suka susu dari kopi , biasa milo 3 sendok makan. trus dikasi air panas dikit aja , cuma untuk melarutkan kopi ama milo. terus tambahin air dingin dan es batu. yummy. milo rasa hazelnut.

---------- Post Merged at 02:16 PM ----------

ada lagi sih , tapi ga disarankan di pagi ato siang hari...

cocok untuk malam hari...

kopi old town rasa apapun dilarutkan dalam air panas. dikasi air dingin sedikit. tuangin scotch secukupnya. dikasi es batu.

yummy ! scotch coffee...

mbok jamu
06-05-2013, 05:51 PM
Cara membuat latte si mbok dengan Aero Press.
Bahan-bahan: Kopi Sidikalang yang baru dihaluskan 20gr + fresh milk + brown sugar.
Alat-alat: Teko listrik dan Aero Press coffee maker.

Panaskan susu. Masukkan kopi ke dalam tabung Aero Press, tuang air panas sedikit demi sedikit, aduk pelan selama 10 detik lalu diamkan selama 30 detik. Pasang saringan dan tutup tabung lalu tekan airnya. Hentikan menekan kalau semua airnya sudah keluar. Aduk gula sampai larutkan lalu tuang susu panas pelan-pelan.

Cari tembakau, kertas dan filter, tingwe. Ngopi sambil ngudud. Sedap.

opera
06-05-2013, 05:55 PM
cara membuat
mbak cappucino 1
cara menikmati
minum pake sedotan sambil jalan

AsLan
06-05-2013, 06:01 PM
Cara membuat latte si mbok dengan Aero Press.
Bahan-bahan: Kopi Sidikalang yang baru dihaluskan 20gr + fresh milk + brown sugar.
Alat-alat: Teko listrik dan Aero Press coffee maker.

Panaskan susu. Masukkan kopi ke dalam tabung Aero Press, tuang air panas sedikit demi sedikit, aduk pelan selama 10 detik lalu diamkan selama 30 detik. Pasang saringan dan tutup tabung lalu tekan airnya. Hentikan menekan kalau semua airnya sudah keluar. Aduk gula sampai larutkan lalu tuang susu panas pelan-pelan.

Cari tembakau, kertas dan filter, tingwe. Ngopi sambil ngudud. Sedap.

Aero Press kayak gimana tuh mbok? Post gambarnya dong..

mbok jamu
06-05-2013, 06:21 PM
Yang ini, Lan

http://worldsbestcoffeemaker.com.au/images/home_page/AeroPress.png

ancuur
06-05-2013, 07:18 PM
http://www.oncoffeemakers.com/images/we-have-been-using-these-mr-coffee-coffee-machines-for-two-generattions-21428602.gif

klo kedatangan temen2 yg kebetulan suka kopi
kyknya ini lebih praktis.. krna bisa panas terus :jempol:

Alethia
06-05-2013, 10:16 PM
robek bungkus kopi instan bubuk di sisi pinggir kiri paling atas
masukkan ke dalam gelas
renungi

tuangkan air panas
renungi

aduk-aduk sampai semua bubuk kopi larut dengan air panas
renungi

lalu minumlah dengan penuh penghayatan

itsreza
06-05-2013, 10:42 PM
kopi instant 2 bungkus + 250ml air hangat + kocek + minum, abis kurang dari 10 detik




mbok: aero press bisa dipakai untuk buat espresso nda?

cha_n
07-05-2013, 12:11 AM
mengendap endap ke meja makan. biasanya mama minum kopi ga langsung habis. minum kopinya 2 sendok. terus kabur

TheCursed
07-05-2013, 12:26 AM
siapkan Mug kopi. Rebus sepanci kecil air pas seukuran mug. begitu mendidih matikan api, masukkan 3 sendok teh kopi robusta yang biasanya di jual pake bungkus kertas coklat sampul buku. aduk, didihkan sekali lagi. begitu berbuih, matikan api, tuang ke mug. Tambahkan gula sesuai mood hari ini.
boleh di campur teh hitam, atau di kasih irisan strawberry segar.

ancuur
07-05-2013, 12:41 AM
Yang ini, Lan

http://worldsbestcoffeemaker.com.au/images/home_page/AeroPress.png

AeroPress: Alat Kopi Kontroversial

Jika kita mengikuti cerita di balik tercetusnya gagasan akan pembuatan alat kopi, maka kita akan menemukan jalinan antara rasa penasaran dan kreativitas–termasuk seni di dalamnya. Alat kopi adalah artefak yang menyimpan dimensi kognitif suatu orang atau masyarakat. Itulah mengapa suatu alat kopi biasanya identik dengan suatu kultur. Sebut saja espresso dengan Italia, turkish coffee dengan Arab. Meski kadang suatu alat tidak berasal dari negeri asalnya, asal dalam artian pertama kali ia tercetus, tapi jika alat tersebut mandeg perkembangannya, maka pengidentifikasian suatu alat tersebut dengan kultur tertentu bisa berpindah. Itu bisa kita lihat dengan syphon yang belakangan identik dengan Jepang. Meski syphon aslinya bukan dari Jepang, tapi syphon di sana dikembangkan sedemikian rupa, bahkan dijadikan ajang lomba bergengsi. Jepang bisa dibilang di mana syphon dikreasikan dengan penuh daya cipta. Kita bisa lihat bagaimana perusahaan Hario dalam merancang syphon yang anggun tersebut. Sampai sini, kita tidak akan gagal menangkap keterkaitan alat kopi dengan kognitif, baik itu rasa penasaran maupun kreativitas.

Alan Adler, salah seorang ilmuwan dari Universitas Stanford, beberapa tahun lalu menciptakan alat kopi bernama AeroPress. Alat kopi yang mengandalkan tekanan pada proses ekstraksinya dan menggunakan penyaring berbasis kertas. AeroPress sempat menghebohkan jagat perkopian, bahkan hingga sekarang, lantaran klaim manufaktur tersebut, yaitu AeroPress sebagai alat pembuat espresso. Sontak saja di pelbagai forum kopi perdebatan segera digelar.

Meski banyak ditentang, bahkan Sweet Maria menyebutnya sebagai hal yang memalukan, AlanAdler mempertahankan tesisnya tersebut, salah satunya dia berpegang pada pandangan bahwa AeroPress adalah gaya atau cara baru dalam menyeduh espresso. Meski begitu, AeroPress cukup bagus penjualannya. Tidak kurang, bahkan alat tersebut memiliki kompetisi tersendiri yang dinilai oleh sebagain pengamat sebagai hal bergengsi.

AeroPress sepintas lalu memang sederhana, namun mampu menghasilkan kopi yang baik, terutama bagi pecinta kopi yang mendambakan kopi mendekati karakter espresso. Meski AeroPress bukanlah alat pembuat espresso standard, paling tidak, karakter kopi yang dihasilkannya cukup menjanjikan dan bisa menjadi alternatif bagi pecinta kopi yang belum mampu membeli mesin espresso standard yang harganya bisa belasan dan puluhan juta.

Cara pemakaian alat ini sedikit mengingatkan kita dengan French Press, yaitu dengan menekan plunger. Dan, harus diakui, mirip dengan suntikan Terdiri dari beberapa bagian: 1) chamber; 2) plunger; 3) cap dan kertas penyaring. Itu tiga komponen utama dari AeroPress, sisanya adalah pelengkap, seperti Corong dan Pengaduk. Kelebihan alat ini dibanding dengan alat kopi rumahan lainnya adalah segi otak-atik dalam proses pembuatan kopi. Meski AeroPress menyertakan manual pemakaian standard mereka, kita tetap bebas berkreasi dan berinovasi dalam penggunaanya: mulai dari metode terbalik hingga Coava Disk. Itulah mengapa, meski AeroPress didebatkan, tetap mendapatkan ulasan positif dan banyak digunakan. :nunjuk: sambel (http://philocoffeeproject.wordpress.com/2011/07/06/aeropress/)

Nowitzki
07-05-2013, 10:45 AM
kopi instan (merk apapun) tambah gula satu sendok teh, tuang air panas, diaduk, diminum. done

ancuur
08-05-2013, 04:29 PM
Mari kita sharing, bagaimana minum kopi menurut seleramu..
baru bikin menu baru.. dengan komposisi sbb:


Bahan yg harus disiapkan:

mug kopi, ceret kecil, kopi bubuk dan 2 iris lemon plus gula putih lokal..

Cara memasak:

Masak air aQua secukupnya, setelah mendidih lalu masukan kopi dan gula,
lalu buka tutup ceret dan goyang sampai rata dengan memakai sendok..
setelah merata semua ambil saringan kopi, lalu tuangkan dari ceret ke mug..
setelah itu masukan 2 iris lemon kedalam mug..

Cara menikmati:

Setelah semua siap, taruh kopi itu di meja yang sudah di seting dengan
taplak meja yg besih, serta roti bakar (kalau ada) rokok kalau merokok..
lalu putarkan musik kesukaan anda misal "Sewu Kuto"

ternyata muantab banget dah, rasanya mild gethoO :jempol:

note: kopi yg aku pakai Naga Sanghie type Robusta

di Keluarga kopi ini mulai jadi ngeTOP :jempol:
klo ibu2 pada arisan.. bapak2nya pada minum kopi ini...
udah kita kasih nama "Coffee Lemon" :ngopi:

http://farm4.static.flickr.com/3099/3100017182_54ca09f7ac_b.jpg
hayo silahkan cobaaa.. mantab loh :jempol:

Neptunus
08-05-2013, 05:47 PM
Oh waow! Unik nih resepnya coffee lemon ala om Ancurr :jempol:

Gw sih nyeduhnya biasa2 aja. Pake air yg mendidih, tapi tunggu gelembung2nya menghilang. Trus kopi bubuknya dituangin air dikit sekitar 65ml, ditutup & dibiarkan 4 menit biar kopinya ngembang dan misah yg bagus ama yg jelek. Trus klo udah yg ampas2 ngambang diambilin, tuang air rebusannya tadi hingga 150ml. Tambah gula sesendok, aduk pelan2. Mayan kopinya ga berasa lumpur klo bikinnya begini :D

---------- Post Merged at 04:47 PM ----------

Klo bisa sih nyeduhnya jangan pake air panas dari dispenser. Biasanya ga cukup panas, meskipun udah diset very hot. ::hihi::

ancuur
08-05-2013, 05:53 PM
Oh waow! Unik nih resepnya coffee lemon ala om Ancurr :jempol:

Gw sih nyeduhnya biasa2 aja. Pake air yg mendidih, tapi tunggu gelembung2nya menghilang. Trus kopi bubuknya dituangin air dikit sekitar 65ml, ditutup & dibiarkan 4 menit biar kopinya ngembang dan misah yg bagus ama yg jelek. Trus klo udah yg ampas2 ngambang diambilin, tuang air rebusannya tadi hingga 150ml. Tambah gula sesendok, aduk pelan2. Mayan kopinya ga berasa lumpur klo bikinnya begini :D

---------- Post Merged at 04:47 PM ----------

Klo bisa sih nyeduhnya jangan pake air panas dari dispenser. Biasanya ga cukup panas, meskipun udah diset very hot. ::hihi::

klo aku dari ceret langsung disaring pakai saringan halus..
jadi ampasnya gak masuk ke mug.. dan panasnya agak turun kalau dituang..
celupkan lemon satu iris atow dua iris.. tunggu lima menit, wow.. rasanya mild :jempol:

note: lemon ini berharap bisa menurunkan kadar kafein dari kopi tsb. :ngopi:

Bi4rain
09-05-2013, 12:32 PM
^wow, bagus.......belum pernah denger minum kopi pake lemon. yang ada biasanya teh
tar gw mau coba juga klo lagi pas ke swalayan beli lemon.
kopi bubuknya boleh jenis apa aja kan om?

ancuur
09-05-2013, 04:05 PM
^wow, bagus.......belum pernah denger minum kopi pake lemon. yang ada biasanya teh
tar gw mau coba juga klo lagi pas ke swalayan beli lemon.
kopi bubuknya boleh jenis apa aja kan om?

iya nih.. biasanya Lemon Tea, iseng2 aja Kopi aku kasih Lemon..
eeeeeeee.. ternyata mantab buangeT, rasanya mild.. gak keras
kyknya kopi apa aja bisa yg penting celupin lemon..

tergantung mug nya, klo gede 2 iris lemon lebih OK..

serendipity
09-05-2013, 10:29 PM
bikin kopi sachetan, white coffee.. tambahin rum satu sendok teh, bubuk cinnamon.. yummy :ngopi:

ancuur
09-05-2013, 10:35 PM
tetesin rum dikit ::oops::

pasingsingan
10-05-2013, 10:27 AM
jadi kopirum dong

....... btw perlu dicoba, senikmat apa yak :)

ancuur
10-05-2013, 10:34 AM
jadi kopirum dong

....... btw perlu dicoba, senikmat apa yak :)

asal jangan opium aja ::hihi::
kemana aja bos? mari silahkan minum kopi dulu...

http://www.kopimaya.com/forum/image.php?u=14&dateline=1317695526

ini kopi khusus buat mbah pasing :-bd

pasingsingan
10-05-2013, 10:41 AM
wahaha ....

terima kasih welkamdringnya kop
lagi banyak proyek gak jelas neh
ampe jarang patroli warung.

ancuur
10-05-2013, 11:00 AM
wahaha ....

terima kasih welkamdringnya kop
lagi banyak proyek gak jelas neh
ampe jarang patroli warung.

wow.. mantab dong..
proyek gak jelas...,
yg penting yg kekantong jelas :-bd

sama kop disini jg sibuk nih...
tapi laptop selalu menemani, jd gak gitu BT
mana rumah belom jadi2.. tukang di medan
rupanya klo bekerja sangat santai.. ::nangis::

wanitapecandukopi
10-05-2013, 04:35 PM
kalau gerakan minum air putih dingin pakai irisan lemon sudah dijalankan hampir sebulan ini. boleh dicoba nih untuk kopinya.

ga_genah
10-05-2013, 11:19 PM
cara penyajian kopi:
siapkan air satu gelas, teko, kompor, kopi bali kupu2 bola gelinding plus susu kental manis cap ben**** satu sachet, dan jangan lupa kompornya harus dicolokin selang gas yang tabungnya bergas...
masak air, sambil menunggu airnya mendidih, tuangkan 2 sendok teh kopi bali cap kupu2 bola gelinding dalam gelas kopi nescaffe
setelah airnya mendidih, tuangkan secara perlahan ke dalam gelas kopi nescaffe
selanjutnya sobek bagian kiri atas susu kental manis cap ben**** sehingga terbuka dan tuangkan secara perlahan ke dalam gelas kopi nescaffe yang telah berisi

don_mucho
12-05-2013, 11:38 AM
sayah masih setia dengan kopi maut gitelnas, (legi kentel panas) :D

ancuur
17-05-2013, 03:21 AM
kalau gerakan minum air putih dingin pakai irisan lemon sudah dijalankan hampir sebulan ini. boleh dicoba nih untuk kopinya.

uenak tenan.. air putih hangat dicelup lemon lebih terasa lemonnya dan segar :jempol:


cara penyajian kopi:
siapkan air satu gelas, teko, kompor, kopi bali kupu2 bola gelinding plus susu kental manis cap ben**** satu sachet, dan jangan lupa kompornya harus dicolokin selang gas yang tabungnya bergas...
masak air, sambil menunggu airnya mendidih, tuangkan 2 sendok teh kopi bali cap kupu2 bola gelinding dalam gelas kopi nescaffe
setelah airnya mendidih, tuangkan secara perlahan ke dalam gelas kopi nescaffe
selanjutnya sobek bagian kiri atas susu kental manis cap ben**** sehingga terbuka dan tuangkan secara perlahan ke dalam gelas kopi nescaffe yang telah berisi

hati2 dgn kopi instan.. karena kita gak tau campuran didalamnya.. klo aku lebih suka kopi hitam asli ::oops::


sayah masih setia dengan kopi maut gitelnas, (legi kentel panas) :D

mantab coy :jempol:

ancuur
16-06-2013, 02:28 PM
http://www.dnaberita.com/foto_berita/33Jeruk.jpg

Khasiat Jeruk Nipis:

Kegunaaan jeruk nipis khasiat dan manfaatnya untuk pengobatan dan kecantikan. Jeruk nipis ( Citrus Aurantium)
ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Dibalik rasanya yang asam wangi
khas jeruk nipis memiliki kandungan yang sangat ampuh. Apalagi kalau kita ramu dengan bahan-bahan lain

Selain itu jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, kadinen,
felandren, lemon kamfer, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, besi,
kalsium, fosfor, besi, dan belerang.

Kandungan Gizi Jeruk Nipis Per 100 Gram :

- Vitamin C : 27 mg

- Bitamin B1 : 0.04 mg

- Air : 86 gram

- Energi : 51 kal

- Protein : 0.9 gram

- Lemak : 0.2 gram

- Karbohidrat : 11.4 gram

- Mineral : 0.5 gram

- Kalsium : 33 mg

- Fosfor : 23 mg

- Zat besi : 0.4 mg

- Asam askorbat 49 mg



Khasiat jeruk nipis untuk obat :

Amandel

Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari diparut, 2 sendok makan madu.

Cara membuat : Jeruk nipis diperas untuk diambil aimya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos
dengan madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan disaring. Cara menggunakan: minum 2 hari sekali
secara teratur.

Malaria
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, Garam secukupnya.

Cara membuat : Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya dan disaring.
Cara menggunakan: diminum tiap pagi menjelang sarapan.

Ambeien
Bahan: 2 – 4 potong akar jeruk nipis;
Cara membuat: Direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih, hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring.
Cara menggunakan : diminum setiap sore weara teratur.

Sesak Nafas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu.

Cara membuat: Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut kemudian dicampur dengan bahan lainnya
dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata,
kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.

Influenza
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur sirih secukupnya.

Cara membuat: Jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahannya
dan diaduksampai merata, dan disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara teratur.

Batuk
a. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 sendok kecap, Garam secukupnya.

Cara membuat: Jeruk nipis diperis untuk diambil airnya,Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari selama sakit.

b. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/4 sendok tepung biji buah pala, 1 sendok minyak kayu putih.

Cara membuat: Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudiandioplos dengan bahan lainnya sampai merata.
Cara menggunakan: dipakai sebagai bedak dan dioleskan pada dada dan punggung.

Sakit panas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang dihaluskan

Cara membuat: Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata.
Cara menggunakan: dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk dada dan punggung.

Sembelit
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 – 4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih, asam jawa secukupnya, 2 sendok air masak;

Cara membuat: Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan dihaluskan bersama-sama;
Cara menggunakan: dioleskan di seluruh tubuh, terutama di seputar perut.

Terlambat datang bulan
Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya

Cara membuat: Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan
tersebut dicampur merata dan disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

Nyeri Haid
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa

Cara membuat : Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe diparut, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diberi
gelas air masak dan disaring. Cara menggunakan: diminum pada hari pertama haid.

Disentri
Bahan: 2 potong akar jeruk nipis, 2 air

Cara membuat: Direbus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

Perut mules
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari;

Cara membuat: jeruk nipis diperas

Minyak atsiri daun jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus (kuman pada kulit). Air jeruk nipis dapat
digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggotokan. Bau harumnya membuat enak, sedap ketika kita berkumur.
Kulitnya, bila ditahan di dalam mulut, bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap dan mengatasi radang karena
mengandung zat asam yang dapat mematikan kuman.

Semoga Bermanfaat!!!


Note: Kalau tidak menemukan Lemon, Jeruk Nipis juga baik untuk dimasukan dalam kopi :jempol: (sudah nyoba)

ancuur
03-11-2013, 08:21 PM
pada kemana nih.. pecandu kopi :ngopi:

red>,<hair
10-11-2013, 10:00 AM
gw isi pakde walo eke bukan pecandu kopi ;D cuman penikmat sajahh
.....
belum lama d bikinin temen kopi
pke alatnya kek tempat mbok jamu -mirip gitu :cengir:-
awalnya dia seduh aer ampe mendidih
tuang kopi d alat bikin kopi 2 sendok -kopinya pas itu kopi cambodia- baru kasi aer panasnya
nunggu berapa menit tuang d gelas + setengah sendok gula + 3 sendok creamer + susu kental manis -ga tau takaran dia berapa ;D-
hasilnya kopi yg agak gurih
besok maen k sana lageee biar d bikinin ::hohoho::

-eh pas pulang gw d bawain kopi macem2, brontoseno, cambodia, merapi ama toraja -
aromanya agak beda tp rasanya kurang tau ... belom nyobain
yg cambodia seperti ada coklatnya
warnanya paling pekat d banding 3 yg lain

cherryerichan
10-11-2013, 01:31 PM
disini om bisa beli kopi bijian.udah disangrai.tinggal pesen mo berapa gram/kg. udah milih,timbang,langsung digiling. kita bisa lihat proses giling pake alat yg mirip gilingan terigu. wangii bener.

eve
10-11-2013, 01:32 PM
Kopi jahe... Ayee.. Nyum nyum....

Kopi item (apalagi kopi lampung), gula batu, air mendidih, dikeprekin jahe... Mantheppss.... *ngelirik ome....

Urzu 7
11-11-2013, 01:14 PM
Goodday mocafrio+ es, enak kalo diminum pas hawa panas gini

mbok jamu
15-11-2013, 07:43 PM
Persediaan kopi Solok kian menipis. :nangis4:

deddy
23-12-2013, 01:04 PM
pingin minum kopi tubruk.....

Numismatik
27-01-2014, 02:04 PM
Lebih suka kopi susu, biar ga terlalu pahit sekali.

JOSERENTCAR
25-06-2016, 04:59 PM
very nice


::ungg::

sumpe gw klonengan
12-12-2016, 10:43 PM
berkat mbok jamu jd nyicip kopi d kopi klinik ::ungg::
saya suka kombinasi manis n asem ... tp klo pahit n asem engga de ;D
tp jd tau se cara bikin kopi itu macem2 n cita rasanya beda2
td pas mampir t4t bos d bikinin kopi item ... lupa td bilang kopi apa gitu #kebiasaanlupa#
pahitt n nyoba tambahin susu kental .... keknya saya demen yg gurih2 manis pahit buat kopinya
ga tau besok2 berubah ga klo nyicip kopi laen

mbok jamu
13-12-2016, 10:35 AM
Kopinya wuasem tenan, encer pulak, ndak nikmat sama sekali. Untung ngopi bareng, masih bisa cengar-cengir. ::hihi::

red>,<hair
14-12-2016, 10:41 AM
Iya mbok .... temen klo bikin kentel juga

Lemin09
08-12-2017, 04:39 PM
Lebih suka kopi cokelat beli di Exotico Indonesia, kopinya enak dan khas. Saya juga orangnya ngga terlalu sering minum kopi, lebih suka minum air mineral.

Sinarparabola
16-12-2017, 10:06 AM
siapkan gelas, tuang kopi ke gelas yang sudah disiapkan lalu di beri air panas sesuai yang diinginkan aduk sampai larut setelah itu kopi siap dinikmati, mungkin yang lain ada yang di tambahkan dengan variasi sesuai seleranya masing - masing hehe

JamesWig
12-01-2018, 01:13 PM
Kopi gue simpel aja
Robusta, dimasak pakai air yg panasnya najubilah, kasi susu 5sdm, plus gula aren 3sdm
Nikmatnya sampai ubun-ubun bahahahah

cherryerichan
17-01-2018, 08:03 PM
Bucet itu manis banget kalik

etca
27-01-2018, 05:37 AM
Kalau lagi kangen kopi. Kalaaauu loh ya.
Bikin teh lalu dikasi kopi diikiiiiit aja. Dikiiit ajah tapi.
Lumayan semerbak baunya.

heihachiro
29-01-2018, 08:24 AM
Kalau lagi kangen kopi. Kalaaauu loh ya.
Bikin teh lalu dikasi kopi diikiiiiit aja. Dikiiit ajah tapi.
Lumayan semerbak baunya.

what kind of blasphemy is this?
::hihi::::hihi::

eniwei, sejak di kantor ada mesin kopi sekarang jadi suka coba2 beli biji kopi. terakhir nyobain arabika gayo wine, asem2 enak, ngga terlalu pait, sensasi wine-nya kerasa :cengir:

HartonoKev
12-09-2018, 02:59 PM
Biasa nggrind sendiri
Beli biji kopi di SBuck (Sumatra atau Guatemala).
Kalau lagi pen kek mafia, abis nggrind langsung kasi air panas, diemin bentar minum. Kaga pake gula kaga pake susu.
Kalau lagi pen kek anak muda, campurin susu full cream 2 sloki sama gula aren 1 sendok teh.

nerve_gas
19-09-2018, 02:56 PM
metode terbaik buat gue (ini yang diajarin mendiang bokap): langsung rebus kopi di kompor, terserah pakai gula atau ngga, sampai mendidih. ini repot karena harus ditungguin di depan kompor.

metode terbaik kedua, pakai pemanas air elektrik, baru diseduh. ini lebih santai karena bisa ditinggal.

alasan gue gak belajar metode lain (french press, cold brew, etc) simpel: repot beli barang dan ngukur ini itu. ngerebus lebih gampang.