PDA

View Full Version : [Tanya] - Caesar vs Lahiran Normal -



lily
01-05-2013, 04:09 PM
saya pengen tanya ya...

ngobrol santai aja...

buat cewek yang belom pernah lairan , kalian semisal nanti lairan pengen lairan normal ato caesar ?

kenapa ???

trus buat cowok , nanti kalo punya istri , kalian pengen istri kalian lairan secara apa ?

kenapa ???

soal caesar dan normal... pertama , saya memilih normal , tapi karena stuck di pembukaan 4 dan pendarahan 7 jam , saya memutuskan caesar.

then kedua , saya memutuskan caesar. proses pemulihan saya lebi cepat dari yang pertama , mungkin karena bayi saya mungil.

tapi... saya dengar katanya untuk lairan caesar batas maksimal cuma 3 kali aja.

dan ada temen cowok bilang , kamu belom jadi wanita kalo belom lairan normal. tapi menurut saya , sama aja , sama - sama bertaruh nyawa di kamar bersalin.

kalo kalian , milih yang mana ???

thanks :)

kupo
01-05-2013, 04:12 PM
saya pilih istri saya lairan normal... yg jelas biaya lebih murah :D

kalau cesar bukannya bisa 4 kali... motongnya vertikal, horisontal, serong kanan, serong kiri .. tiap kali jaraknya minimal 3 tahun, kalau ga salah... cmiw

Alethia
01-05-2013, 04:15 PM
saya sih pgnnya jika nanti suatu saat dikemudian hari di masa mendatang yang cerlang-cemerlang bak bintang bintang di angkasa bertaburan dan berkilauan tiada henti seperti mutiara yang terpendam di lautan nan biru walau siapapun tak tahu namum ia tetaplah mutira di hatiku selamanya..

ehm..
caesar bu lily sayang...kalau ada duitnya tapi

Hai_Lee
01-05-2013, 04:22 PM
^ ale jawab ribet banget ;D

Kalo aku disuruh pilih, mending normal, kecuali kalo ada masalah pas lahiran.

Serem ngebayangin perut dibelek2. ;D

lily
01-05-2013, 04:23 PM
@ kupo : are you sure ???

saya ogah dipotong vertikal , ga bisa bangun ntar...

saya dipotong horizontal 2 kali... bedanya pertama luar biasa sakitnya , yang kedua lumayan sakitnya...

yang pertama , saya ga bisa bergerak , kiri kanan aja setengah mati.

yang kedua , saya hari kedua udah bisa kiri kanan. hari ketiga bisa duduk dan berdiri.

kupo
01-05-2013, 04:27 PM
^^ ga yakin.. wong belom pernah ngalamin.. itu cuma denger2 aja sih

Alethia
01-05-2013, 04:30 PM
gimana ga ribet..mbayanginnya aja gw atut banget...ini ada salah sih, harusnya kan anak gadis ga boleh liat proses lahiran. Pamali katanya.
nah gw, waktu kakak gw proses lairan sampe abis ngaliran..gw liat dan nemenin..jadinya ada semacam trauma membahana di dalam diri gw.

dan klo ada yang nanya soal proses acara pernikahan, soal anak, kehidupan rumah tangga dll..gw lsg gugup tak bergeraaak, panas dingin, delusi dan sedikit konstipasi.

aku tak sangguuuupp:iamdead::nangislari:

surjadi05
01-05-2013, 04:33 PM
hmmm ini omongan sante kan ya?

Ntar gw mikir dulu ya?::srimulat::::srimulat::::srimulat::

tapi kalo normal hmmm::srimulat::::srimulat::

tapi kalo caesar hmmm ::srimulat::::srimulat::

duhh kalo bisa gw pengennya gak lahirin aja deh ::doa::::doa::

oh wait gw kan cowo kalo gitu harusnya pertanyaan kedua donk::arg!::::arg!::::hihi::

Alethia
01-05-2013, 04:37 PM
bukannya mo curhat, tapi di keluarga gw..kakak dan istri2 abang, semuanya jadinya caesar..*gw jg lahir di caesar..masih ada bekas sayatannya kecil di perut gw, mau liat?::hihi::
walaupun mereka inginya normal, tapi tetep kudu nyiapain dana siapa tau kudu di caesar..jadi..biayanya sdh hrs dihitung2.
belum lagi beli popok, kereta bayi, boks bayi,dll..belum lagi setelah anaj besar, kudu bayar uang sekulah, ongkos ojek, dll

aah..puciiing
::doh::

lily
01-05-2013, 04:41 PM
@ kupo : dacarrrrr ciat ciat :tonjokkeras: :tendang:

@ alethia : saya juga ga berani liat orang lairan , entah normal , entah caesar. takut darah...

tapi semisal ntar ale milih caesar , dikasi pembatas kok antara muka ama badan , jadi ga keliatan proses nya...

juga bole milih mo bius total ato bius lokal (bawah doang).

@ Kong Sur : dulu anaknya lair apa Kong ? btw Kong kalo lairan di Spore gitu lebi mahal dari Indo ya ? terus lebi terjamin ga ???

---------- Post Merged at 03:41 PM ----------

kalo sekarang , emang sih ada yang ga kuat normal , langsung milih caesar...

kelahiran pertama , saya bener - bener ga punya dana buat lairan caesar yang 2 kali lipat dari normal. jadi pas saya ga kuat lairan normal , saya suruh suami saya jual emas saya...

saya pinjam uang ke ortu saya. setengah mati deh kelahiran pertama saya. mana anak saya masuk NICU seminggu.

Alethia
01-05-2013, 04:41 PM
aku mau disuntik turun panas aja berontak2 ke dokternya..sampe di semprot es dulu terus tangganku dipegangin ama susternya::arg!::
bu lily..aku ga bs bayangin perempuan melahirkan itu kyk apa..males dan ogah bu...ibu yang sdh melahirkan 2 kali, patut saya acung jempol :) salute, hebat, keren, pemberani!

saya sampe skrg masih belum kepikrian sih...mikirin punya suami aja masih males2an...:(

gogon
01-05-2013, 04:53 PM
lair?
#cek KBBI
hasil: Tidak ditemukan!


cek kamus inggris -indo

lair : sarang
#bingung

Alethia
01-05-2013, 04:56 PM
jeung gogon maunya di sesar ato lewat idung jeng?

gogon
01-05-2013, 04:59 PM
#tambahbingung ::doh::

RAP
01-05-2013, 05:10 PM
Sedikit tips buat para calon Ibu...
Berdasarkan pantauan selama bertahun tahun terhadap wanita yg punya pengalamam melahirkan, khususnya yg normal, ada yg proses bukaannya cepat dan ada yang lambat. Ada yg merasakan sakit yg luar biasa, sakit yg masih bisa ditahan dan tidak sakit sama sekali.

Kalian termasuk yg mana?
Tanyalah pada Ibu yg telah melahirkan kalian, bagaimana prosesnya.
Biasanya proses melahirkan kita sama dengan pengalaman Ibu kita.

Mamaku melahirkan 3 X dan prosesnya sulit, untuk anak ke 3 nya aja yg menurut org bisa lebih cepat(krn sdh ada jalan lahir dr kelahiran sebelumnya), perlu 3X bolak balik rumah sakit.
Jadi saat aku melahirkan anak pertama jangan tanya deh::arg!::suliittttt..... bangetttt.
Bukaan 3 aja dokter sdh suruh epidural, mana ngak mempan lagi....
Pemulihannya aja aku perlu 3 bulan karena pendarahan.
Untung ank 2&3 caesar, setelah infus dilepas(24 jam) langsung mandi.....

Buat perbandingan, lahir normal aku dirawat di RS 4hari 4 malam, caesar cukup 3 hari 2 malam...::hihi::

Mertua juga sama ....... prosesnya sulit, 3 anak cewenya juga sama, sulit.::grrr::

cherryerichan
01-05-2013, 05:35 PM
saya caesar semua gara2 dalem ati walopun niat normal kuat,ngebayangin gunting dll langsung lemes..entah napa anak 2 g ada yg maju 2 bukaannya.semuanya stuck di bukaan satu. pernah nonton video melahirkan..mau pingsan udahannya. mana nonton vid orang amrik kali,suster apa dokter g permisi lagi langsung ngambil gunting terus brat bret brot.. walaaaah..
saya juga ngeri pasca lahiran..takut bablas lari2 benangnya ntar lepas. temen saya gitu. seminggu lahiran benang jahitnya lepas. dia dijahit lagi sampe pingsan. hiyy. trus saya bingung kalo mau pup gimana. kan robekannya kadang sampe anus. pup saya suka keras..hiyy ntar tambah robek.
pokoknya udah parno duluan..

Alethia
01-05-2013, 05:37 PM
#tambah nyesel masuk tred ini:iamdead:

serendipity
01-05-2013, 05:48 PM
aku mau disuntik turun panas aja berontak2 ke dokternya..
saya sampe skrg masih belum kepikrian sih...mikirin punya suami aja masih males2an...:(

Ale.. ale kapan sih insapnya -_-

BTT

kalo misalnya lahiran, pengennya normal. Karna gak mau ada bekas luka sayatan di perut.
gw berharap semoga nemu dokter yg jujur gak ngebokis supaya dapet duit lebih buat caesar :joget:

RAP
01-05-2013, 05:55 PM
@seren

Tenang aja aku caesar tahun 2000, pashamil lg tahun 2009, sidokter aja ngak tau aku pernah caesar.
Bekas caesar tahun 2010 aja sekarang ngak ada bekasnya ::hihi::

Sebaiknya setiap orang harus tahu apakah dia punya bakat keloit atau ngak, jadi saat terjadi kasus emergency, bukan hanya saat melahirkan tapi saat yg lain yg butuh jahit menjahit body, kita udah siap minta suntikan anti keloit.

lily
01-05-2013, 06:17 PM
Mama saya lairin saya , susah sampe saya ijo kemasukan cairan.

tapi Mama saya lairin anaknya semua secara normal , cuma saya yang paling susah dan lama prosesnya. seminggu lebih...

saya ga tau sih kalo ternyata proses lairan bisa menurun...

saya ga mikirin bekas caesar ato keloid sih , asal bayi saya selamat , udah syukur puji Tuhan.

tapi caesar pertama saya bener - bener sakit dan membuat saya trauma melahirkan. semua temen saya udah punya anak kedua , saya nunggu 5 taon baru punya anak kedua , saking takutnya. anak kedua pun benernya kebobolan.

caesar kedua , haleluya... saya bisa merasakan ternyata caesar ga terlalu sakit. nyeri pasti ada , tapi ga separah yang pertama. jauh beda. yang pertama rasanya antara hidup dan mati. yang kedua , masi banyakan hidup daripada mati. walopun sempat panas di hari kedua , tapi secara keseluruhan keadaan saya sangat baik di caesar kedua.

kesempatan caesar saya tinggal sekali lagi...

GiKu
01-05-2013, 06:21 PM
normal, kalau analisis dokter berkata semua baik2 saja
caesar, kalau secara medis mengharuskan demikian untuk alasan keselamatan dan bukan alasan kecantikan

cherryerichan
01-05-2013, 06:38 PM
Mama saya lairin saya , susah sampe saya ijo kemasukan cairan.tapi Mama saya lairin anaknya semua secara normal , cuma saya yang paling susah dan lama prosesnya. seminggu lebih...saya ga tau sih kalo ternyata proses lairan bisa menurun...saya ga mikirin bekas caesar ato keloid sih , asal bayi saya selamat , udah syukur puji Tuhan.tapi caesar pertama saya bener - bener sakit dan membuat saya trauma melahirkan. semua temen saya udah punya anak kedua , saya nunggu 5 taon baru punya anak kedua , saking takutnya. anak kedua pun benernya kebobolan.caesar kedua , haleluya... saya bisa merasakan ternyata caesar ga terlalu sakit. nyeri pasti ada , tapi ga separah yang pertama. jauh beda. yang pertama rasanya antara hidup dan mati. yang kedua , masi banyakan hidup daripada mati. walopun sempat panas di hari kedua , tapi secara keseluruhan keadaan saya sangat baik di caesar kedua.kesempatan caesar saya tinggal sekali lagi...bisa sampe 4 ato lebih.malah kalo kuat bisa normal, syaratnya SBR nya min berapa mili gitu. kan vic beckham kl g slh 4 anaknya caesar semua.

tuscany
01-05-2013, 06:54 PM
ikut menyesal baca thread ini ::doh::

Silvercheeks
01-05-2013, 07:38 PM
jd pgn liat org lairan.

lily
01-05-2013, 07:39 PM
@cherry : anak kedua sempat mo normal , tanya - tanya gitu...

tapi dokter advice caesar , dengan alasan takut jahitan pertama sobek.

tapi perasaan ya... caesar kedua persis di tempat caesar pertama deh ???

mungkin ga sih ? soalnya saya ngaca ga keliatan...

yang udah pernah caesar , jahitannya gimana anak pertama ama anak kedua ? sama ato beda lokasi ?

cha_n
01-05-2013, 08:12 PM
lahiran normal itu emang begitu prosesnya, sudah tuhan design perempuan dengan segala fungsi di tubuhnya.
kalo disuruh milih jelas pilih normal, masa pilih ga normal ;))
alhamdulilah aku keduanya normal sehat wal afiat.

harus diingat cesar itu tindakan darurat kalau normal tidak memungkinkan. bukan pilihan.

ga usah ngomongin sakit, sakit ya pasti. aku pikirnya, orang lain bisa.. berarti defaultnya ya bisa

ul.malik
01-05-2013, 08:26 PM
trit ini horror

liat keadaan ntar aja.
btw, kalo normal pasti main potong memotong gitu yah ::ungg::

Alethia
01-05-2013, 08:34 PM
iya ul, aku pernah jenguk temen yang baru abis lairan satu hari, terus dia cerita :

pertamanya kayak mules, terus gw mulai teriak2 kesakitan
eh terus dokternya dateng..KREEEK..maen koyak aja
terus gw langsunbg tereak kencengg banget subuh2 itu 'AHHHHHHH

terus kita serempak : IIHHHhhh *dgn ekspresi ketakutan

cha_n
01-05-2013, 08:52 PM
hahaha... ale bisa aja menggambarkannya.

tiap orang unik ya.
sesakit sakitnya masih hidup kok. nyatanya. 2 jam abis melahirkan juga udah bisa jalan. tapi emang sakit sih. mantap lah. cobain aja dulu. masa ga penasaran sih hihihi.. aku aja ga kapok hamil dan melahirkan 2x

intinya harus sayang dan hormati ibu. taruhannya nyawa tuh.

Hai_Lee
01-05-2013, 09:57 PM
Tretnya... Horror banget :kacamata:

Jadi mikir2 lagi kalo punya anak, udah ngeluarin susah, bebannya banyak banget ;D emang bener kalo yang ga siap jangan punya anak dulu.

Emang kalo normal bener2 dijebret pake gunting yah?

Jadi inget film what to expect when you're expecting. Yang satu ngelahirin susah banget, satu lagi bersin eh langsung keluar ;D

cherryerichan
01-05-2013, 11:04 PM
@cherry : anak kedua sempat mo normal , tanya - tanya gitu...tapi dokter advice caesar , dengan alasan takut jahitan pertama sobek.tapi perasaan ya... caesar kedua persis di tempat caesar pertama deh ???mungkin ga sih ? soalnya saya ngaca ga keliatan...yang udah pernah caesar , jahitannya gimana anak pertama ama anak kedua ? sama ato beda lokasi ?sama.kecuali yg jaman dulu. yg vertikal. sekarang udah seragam,digaris bikini. sayatannya halus.

---------- Post Merged at 10:04 PM ----------


Tretnya... Horror banget :kacamata:Jadi mikir2 lagi kalo punya anak, udah ngeluarin susah, bebannya banyak banget ;D emang bener kalo yang ga siap jangan punya anak dulu.Emang kalo normal bener2 dijebret pake gunting yah? Jadi inget film what to expect when you're expecting. Yang satu ngelahirin susah banget, satu lagi bersin eh langsung keluar ;Dsiapin mental deh..yang kuat ya... hihihi. sekarang kan episiotomi udah diminimalisir. kalo di bidan sebisa.mungkin g digunting. kalo di rs n sama dokter apalagi anak pertama kudu itu digunting. biar jalan lahirnya luas. saya pas lihat video itu ngerinya cara guntingnya..masa kaya motong apaan. kayak susaah banget. motong kertas aja pan lembut..ada lagi,pas dijahit katanya bagus ga pake bius ya?biar cepet sembuh?

cha_n
01-05-2013, 11:49 PM
udah ga terasa kok pas digunting dan dijahitnya (kalau aku) walau ga dibius.
kadang heran ya, yang ngalamin aja biasa kenapa yang ngelihat malah trauma? hehehe

Silvercheeks
02-05-2013, 12:29 AM
tiba2 gw pgn jd cew cuma utk ngerasakan proses melahirkan, dat wuld be fun.

too bad, gender ga bs diubah kek dunia game.

ahh gw jg pgn tuh.

bikin simulasi dlm dunia mimpi aja kalo kelakon.

tuscany
02-05-2013, 01:47 AM
Melahirkan itu sepaket sama PMS dan menstruation cramp. Kalo ada simulasi coba aja yg dua itu dulu, kalo sanggup baru masuk ke level melahirkan ::hohoho::eh salah ding, ada satu level lagi yg harus dilewati yaitu morning sickness.

#kok aku balik lagi sih ke tret ini

cha_n
02-05-2013, 01:50 AM
kan pernah ada tuh, coba search aja beritanya ada 2 co pingin tahu rasanya sakit melahirkan. dia pake alat apa gitu, tapi akhirnya menyerah ga kuat.

Silvercheeks
02-05-2013, 01:58 AM
berdasar tret ini secara fisik wanita ternyata lbh kuat dr pria ::hihi::

etca
02-05-2013, 02:02 AM
berdasar tret ini secara fisik wanita ternyata lbh kuat dr pria ::hihi::
yang jadi standard patokan siapa dulu nih?
kalau standardnya si cha_n, hedehhhh dia mah anomali ::grrr::
triple extra wonder warrior woman ;D

Alethia
02-05-2013, 07:34 AM
perempuan itu diciptakan lebih tahan penderitaan
sedangkan lelaki diciptakan lebih rentan thd godaan

makanya, walopun ga pake telor, perempuann itu sepesial...u know

serendipity
02-05-2013, 09:08 AM
@seren
Sebaiknya setiap orang harus tahu apakah dia punya bakat keloit atau ngak, jadi saat terjadi kasus emergency, bukan hanya saat melahirkan tapi saat yg lain yg butuh jahit menjahit body, kita udah siap minta suntikan anti keloit.

masalahnya aku ada bakat keloid, jadi kalo dikasih pilihan lebih baik lahiran normal. suntikan anti keloid aku dah pernah, akibatnya bisa meluas ke bagian lain.. ada efek sampingnya gitu deh kak :D

cherryerichan
02-05-2013, 09:23 AM
temenku caesar juga. baru berapa bulan jahitannya jadi keloid. wuiidih gede banget,ditunjukin lagi. kaya lintah raksasa,merah pula. selebar jempol kaki sepanjang jahitan.

Alethia
02-05-2013, 09:27 AM
ibu cherrychan tambah nakut nakutin iiiih:iamdead:

marmut gondrong
02-05-2013, 09:34 AM
Kan ada salep buat keloid. Dulu sy operasi usus buntu keluar keloid,, dikasi salep ini lama2 hilang keloidnya. Tapi butuh waktu beberapa bulan

cherryerichan
02-05-2013, 09:38 AM
yg namanya obat kadang cocok2an. cocok di satu orang yg lain nggak. ada yg udah pake obat mahal g mempan. kalo dasarnya bakat..tiap operasi ya nongok lagi.

lily
02-05-2013, 10:27 AM
masa sih lairan normal dikoyak gitu ???

saya pas pembukaan 4 emang sih dimasukin jari dokternya gitu , tapi ga dikoyak...

ditunggu terus pembukaannya ama dokternya , cuma stuck 7 jam , pendarahan , ama nafas bayi melemah , sampe saya dipasang oksigen , akhirnya milih caesar.

lagian kan saya lairan pas hari ulang taon saya , sekalian deh supaya persis. pikir saya semisal normal lair di hari itu , saya gapapa , tapi kok udah keadaan darurat gini , mau ga mau saya caesar...

tapi setelah 2 kali saya caesar , saya pengen kok punya anak lagi...

BundaNa
02-05-2013, 11:10 AM
yang pertama caesar, terpaksa....karena sudah 2 minggu lewat dari perkiraan, dikasih obat kontraksi 3x gak juga kontraksi, diinduksi sampe 2 botol inpus abis juga gak ada bukaan, dicolos paksa ketubannya, malah ketauan air ketuban udah kuning cenderung ijo, terpaksa caesar...taunya BBnya Naomi 3,6 kg panjang 50 cm...jalan lahir saya dianggap sempit untuk bayi diatas 3 kg padahal panggul saya besar::grrr::

Yang kedua, bisa normal, tapi meninggal pas lahir...kemungkinan meninggal pas didalam perut dan bersyukur banget bisa lahir spontan meski gak ada dan nyawa saya selamat...ini karena KPD, ketuban pecah dini, saya gak ngeh dan dokter gak ngechek volume ketuban gegara udah ribut cuti lebaran...kemungkinan anak kedua saya gak ada pelan2 di perut selama seminggu karena jarak ketuban bocor seminggu sebelum bisa lahir spontan...saya cuma bisa bersyukur karena hidup saya masih selamat meski Tuhan mengambil anak saya. Malpraktek? Isunya pada bilang begitu, tapi saya lebih memilih mengikhlaskan daripada makin berat buat hidup saya...karena toh saya juga salah karena tidak tau ketuban saya bocor.

Yang bungsu terpaksa caesar karena ada indikasi seperti anak kedua, ketuban sudah pecah tanpa disadari karena dokter masih ngeyel volume ketuban masih normal tapi saya yakin ketuban udah pecah karena terdengar bunyi "thok" yang kencang saat saya mau berdiri dan langsung keluar cairan bercampur darah. Saat itu juga caesar pilihan paling utama, karena sampe besok siangnya bukaan tidak juga maju plus gerakan si janin udah melambat. Syukur alhamdulillah Nadhira lahir selamat dan sehat sampai sekarang, meski kemungkinan dia punya bawaan asma

Kalau disuruh memilih saya pengen normal untuk kehamilan berikut....tapi melihat anak kedua saya kaku dipelukan saya saat lahiran normal kemarin, sejujurnya, saya ngeri buat lahir normal

lily
02-05-2013, 12:24 PM
bun semisal nanti anak ketiga caesar , selanjutnya kalo punya anak bisa pake cara normal ya ???

jarak berapa lama ya bun ?

surjadi05
02-05-2013, 12:31 PM
Anak pertama Normal, dokternya sarankan leibh baik buat anak/ibunya normal, biayanya kurang lebih 40juta (dari pertama kali hamil ya, maksdnya bukan biaya persalianan aja
Anak kedua lagi dalam perencanaan, sambil cari2 dulu mama buat anak kedua ::cabul::::cabul::::hihi::::hihi::

---------- Post Merged at 11:31 AM ----------

[QUOTE=Alethia;302735]perempuan itu diciptakan lebih tahan penderitaan
sedangkan lelaki diciptakan lebih rentan thd godaan

makanya, walopun ga pake telor, perempuann itu sepesial...u know

kok kayaknya ga ada istimewanya ya jadi lelaki ::arg!::::arg!::::hihi::::hihi::

lily
02-05-2013, 12:32 PM
mahal juga ya Kong , dari awal kehamilan sampe proses normal 40 juta...

surjadi05
02-05-2013, 12:34 PM
mahal juga ya Kong , dari awal kehamilan sampe proses normal 40 juta...
Ahh di jakarta juga kurang lebih dah kata temen gw::bye::

BundaNa
02-05-2013, 01:44 PM
bun semisal nanti anak ketiga caesar , selanjutnya kalo punya anak bisa pake cara normal ya ???

jarak berapa lama ya bun ?

huaaaaaaaaaaaaa kepikiran hamil lagi aja enggak ly::nangis:: tiga kali melahirkan dengan pengalaman yang traumatik (ciehhhhhhhhh lebay::ngakak2::) membuat saya mikir ribuan kali buat berencana hamil lagi. Tapi kalau dikasih sama Tuhan ya diterima dengan besar hati...

Kalau kata dokter saya selama udah lewat dua tahun, mau lahiran normal atau caesar lagi gak masalah asal perkiraan bobotnya kurang dari bobot si kakak. Nadhira lahir 3,8 kg...lebih berat 2 ons dibanding kakaknya, makanya mentok di mulut rahim ga bisa keluar. Kalau emang dikasih, saya mesti diet ketat biar perkiraan berat janin pas 3 kg baru bisa lahir normal. Tapi kalaupun melahirkan normal, itu gak boleh lagi pake obat kontraksi dan induksi, mesti bener2 alamiah meski ketuban udah pecah dan bukaan gak maju2...ya nunggu sampe maksimal 12 jam, kalau masih gak maju juga bukaannya ya mesti caesar

cha_n
02-05-2013, 01:54 PM
yang jadi standard patokan siapa dulu nih?
kalau standardnya si cha_n, hedehhhh dia mah anomali ::grrr::
triple extra wonder warrior woman ;D

haduh Etca terlalu memuji. saya lemah lembut unyu2 gini perawakannya.
saya yakin teman2 lain jauh lebih kuat fisik dan mentalnya.

seringkali ini masalah mentalitas kok. bukan soal fisik.

pas proses melahirkan ke 2 aku pake induksi dan itu emang nggak banget. mending normal aja. akhirnya indikasi aku matikan. tadinya dimarahi suster. menanti lahir normal saja. dikasih batasan 18 jam harus sudah lahir atau cesar (ketuban sudah pecah) ngotot jalan jalan akhirnya bisa juga normal.

tuhan sudah menciptakan mekanisme alami. jadi ya jalani saja ga usah takut. tetap semangat yaaa

BundaNa
02-05-2013, 02:02 PM
sebenernya sih yang patut disadari oleh para bapak disini satu hal:


Melahirkan mau normal atau caesar, itu merupakan perjuangan seorang ibu membantu para bapak memperpanjang keturunan di muka bumi ini. Normal mungkin sakit saat prosesnya, tetapi lumayan cepat pemulihannya. Sedang caesar mungkin gak sakit saat proses kelahirannya, tetapi mengandung banyak resiko, terutama bisa bablas ketika di meja operasi plus recovery yang gak secepat normal (gwe bisa ngomong gini karena gwe ngalamin dua-duanya).

Jadi pliss, hargai istrimu yang sudah mempertaruhkan nyawanya melahirkan keturunan kalian

Itu aja, jangan sepelekan istri karena taruhannya NYAWA saat melahirkan

lily
02-05-2013, 04:04 PM
saya lairan caesar pertama , udah antara hidup dan mati , saya kejang sampe O lair dengan pipi ketatap alat operasi...

lairan kedua , saya menguatkan diri , karena emang saya ga ada sapa - sapa untuk bersandar.

sebenernya saya trauma melahirkan , saya ga pengen punya anak lagi setelah saya dikasi 2 anak oleh Tuhan. tapi entah kenapa , sejak kejadian kemaren , saya pengen Michelle balik... saya pengen hamil lagi , walopun saya harus nunggu dan mungkin lewat berbagai proses menyakitkan buat saya (saya takut disuntik , jadi untuk diinfus aja bisa bolak - balik ditusuk , dan tekanan darah saya cepat naik dan turun , jadi biasanya suster agak shock liat tekanan darah saya naik turun , bahkan untuk disuntik di belakang , saya bisa ditusuk sampe 2 kali , saking tegangnya saya...).

i swear that i miss my baby...

cha_n
02-05-2013, 04:22 PM
semoga dapat pasangan yang baik ya ly. jadi dapat pula keturunan yang baik :)

lily
02-05-2013, 04:27 PM
AMEN :)

makaci cha_n :)

surjadi05
02-05-2013, 04:36 PM
saya lairan caesar pertama , udah antara hidup dan mati , saya kejang sampe O lair dengan pipi ketatap alat operasi...

lairan kedua , saya menguatkan diri , karena emang saya ga ada sapa - sapa untuk bersandar.

sebenernya saya trauma melahirkan , saya ga pengen punya anak lagi setelah saya dikasi 2 anak oleh Tuhan. tapi entah kenapa , sejak kejadian kemaren , saya pengen Michelle balik... saya pengen hamil lagi , walopun saya harus nunggu dan mungkin lewat berbagai proses menyakitkan buat saya (saya takut disuntik , jadi untuk diinfus aja bisa bolak - balik ditusuk , dan tekanan darah saya cepat naik dan turun , jadi biasanya suster agak shock liat tekanan darah saya naik turun , bahkan untuk disuntik di belakang , saya bisa ditusuk sampe 2 kali , saking tegangnya saya...).

i swear that i miss my baby...
sorry saya nangkapnya anak kedua kamu meninggal ya?::ungg::::ungg::

sorry kalo salah nangkap

---------- Post Merged at 03:36 PM ----------


sebenernya sih yang patut disadari oleh para bapak disini satu hal:



Itu aja, jangan sepelekan istri karena taruhannya NYAWA saat melahirkan

bener bun, saran saya bagi pasutri baru yg melahirkan anak pertama, suruh suaminya dampingin bininya saat melahirkan, biar tahu/bersyukur punya bini::bye::

lily
02-05-2013, 04:36 PM
iya Kong...

Alicia Michelle - 27 April 2013.

surjadi05
02-05-2013, 05:19 PM
iya Kong...

Alicia Michelle - 27 April 2013.

Sorry,My condolence::maap::
sakit apa kalo boleh, astaga berarti Minggu lalu ya?

Hai_Lee
02-05-2013, 09:27 PM
Di induksi diapain yah? Biar pembukaan lancar?

Sekarang kan banyak yang cesar demi dapet tanggal cantik padahal belom waktunya. Bukannya gitu bahaya yah?

Bi4rain
02-05-2013, 09:50 PM
seringkali ini masalah mentalitas kok. bukan soal fisik.


ok, mental gw tempe ;D

ibu-ibu yang lain, jangan terlalu gamblang ya mendeskripsikan robekan dan sayatan. ngilu aku bacanya.

---------- Post Merged at 08:50 PM ----------

induksi klo ga salah suntikan untuk merangsang proses melahirkan bukan?
katanya klo disuntik sakitnya akan berlipat-lipat

Alethia
02-05-2013, 11:31 PM
gw mental tempe bacem yang udah dua minggu disimpen di lemari terus dikerubutin cemut

BundaNa
03-05-2013, 10:18 AM
Di induksi diapain yah? Biar pembukaan lancar?

Sekarang kan banyak yang cesar demi dapet tanggal cantik padahal belom waktunya. Bukannya gitu bahaya yah?

induksi itu pemacu supaya proses pembukaannya dipercepat. Bisa lewat suntik (dosisnya lebih tinggi) bisa juga lewat selang infus (dosisnya lebih rendah), didrip begitu bilangnya.

Berhubung induksi itu obat untuk mempercepat pembukaan jalan lahir, ya jelas sakit dan kontraksinya bisa dibilang sakitnya 2x dari kontraksi dan pembukaan normal.

Induksi cuma diberikan ketika jarak antara pecah ketuban ke arah kemajuan pembukaannya lambat dan masih diusahakan melahirkan normal. Atau bisa saja karena lewat dari tanggal perkiraan lebih dari 1 minggu, maka ada tindakan2 untuk membuat si bayi lahir, antaranya dengan induksi

Alethia
03-05-2013, 10:25 AM
ga tau ya bener engganya, tapi di film2 they said, kalau mau cepet lahiran bayinya, well..ya kudu sering2 makan pedes, or..having xxx?
tapi kalau paaaas banget detik2 mau lairan, should they having xxx? its kinda weird thou::hihi::
and gross

BundaNa
03-05-2013, 10:29 AM
^itu sih jadinya diare::hihi::

Alethia
03-05-2013, 10:32 AM
oke klo soal pedes, nah..yang satunya bund?:ngopi:is it helping? terutama di detik2 menjelang proklamasi?

cha_n
03-05-2013, 10:53 AM
bukan detik2 menjelang lahiranlahhhh. gila aja pas lagi kontraksi malah ml.
sering ml pas udah minggu2 hri perkiraan lahir tapi msh belom ada tanda2 (kontraksi/lendir bercampur darah)
karena dengan ml itu pada cairan sperma terdapat induksi alami.

Alethia
03-05-2013, 10:56 AM
ya kan ga tau bund..hehehe
aih..apa itu kontraksi bercampur darah

aaah...jangan holol lagiiiii:iamdead: cerita yang indah2nya gitu lllohh

cha_n
03-05-2013, 11:14 AM
hahaha...
kalo pas kontraksi (mules per sekian menit sekali) kan sakit jadi boro2 diajakin ML. yang ada suami dicakar2 saking nahan sakit *ceritanya horor lagi*

ikutan senam hamil, ikut hypnobirthing. lumayan belajar pernafasan dan diajarkan juga untuk bersikap lebih tenang dan mengelola rasa sakit.

abis melahirkan lihat wajah bayi kita yang ganteng/cantik unyu2 itu sebuah perasaan yang tidak tergambarkan. aku sampai ga sadar lagi dijahit hehehe. pokoknya udah beres aja.

dan jangan khawatir takut aset jadi brodol, asalkan tata laksana proses melahirkan benar ditangani oleh ahli kesehatan yang mumpuni, akan kembali normal kok dalam 40- 2bulan.

bayiku pas anak ke 2 lahir 4 kg alhamdulilah bisa normal.
tapi ya cek dalam aja sama dokter pas sudah bulan 8, cukup ga buat bayinya.
untuk jaga2 katanya sih dijaga bayi jangan terlalu besar di perut. tapi ga ngerti juga gimana ngaturnya supaya bayi ga kegendutan di perut

Alethia
03-05-2013, 11:25 AM
hah? dijait? dimananya?
*Tambah galau

ah, gw belum siap bund, im single...not hepi but im totally fine with it::arg!::

lily
03-05-2013, 11:27 AM
hypnobirthing kok ga ngaruh ya di saya ???

udah blank ga bisa mikir yang indah - indah... bawaan cuma pengen ngamuk , saking sakitnya menit pembukaan...

terus saya lairan pertama telat dari due date , akhirnya hari sebelom saya pembukaan , saya ke Carrefour jalan - jalan , belanja sampe 2 plastik gede , trus saya bawa sendiri. jam 9 pulang sampe rumah.

bener- bener ampuh... jam 4 pagi , ke WC , plung ada darah keluar , plus mules ga karuan...

telepon dokter SPOG , disuruh masuk RS jam 7 pagi...

jam 4 pagi menuju jam 6 pagi , masi nyantai baca koran di rumah.

menjelang jam 7 pagi , makin mules...

selanjutnya udah di RS , dikasi oksigen. trus disuruh jalan - jalan juga.

ada yang bareng saya , dia crita dia pembukaan 8 ga sakit sama sekali , langsung pembukaan lengkap , bayinya lahir.

malah dia cerita , dari pembukaan 1 sampe pembukaan 8 , dia masi sempat jalan pagi ama suaminya , soalnya ga sakit.

jadi kayanya tiap orang beda - beda ya...

lily
03-05-2013, 12:24 PM
Sorry,My condolence::maap::
sakit apa kalo boleh, astaga berarti Minggu lalu ya?

iya beberapa hari lalu Kong...

katanya organ dalam ga berfungsi.

cha_n
03-05-2013, 12:25 PM
iya tiap orang unik. bahkan orangnya sama tapi pas kelahiran berikutnya bisa beda proses sama sekali seperti saya.
ada yang pecah ketiban duluan. yang pertama ga induksi.

belajar mengelola napas seperti yang diajarkan pas senam sangat membantu.
cuman pas waktunya ya tetep sakit mah sakit aja. but it will over lahh...
kalo aku sih ngapain dibikin memori gelap. ingat aja, segala perjuangan itu setimpal dengan balasannya.
1. sakit itu menggugurkan dosa2 insyaallah kalau ikhlas
2. dapat hadiah anak yang cantik dan ganteng. insyaallah jadi anak sholeh sholehah

hidup jadi lebih indah, berwarna, punya tujuan jelas, dan stres berkurang tiap kali ingat ada buah hati yang kami cintai

Alethia
03-05-2013, 03:02 PM
Ibu chan...salute deh
namun akan tetapi bu, hdp saya sdh indah, warna warni kayak gulali dan jelas tujuannya yaitu untuk menjadi manusia yang berguna dan dengan sepenuh jiwa raga membela tanah tumpah darah dan sumpah pemuda

^ngeles ala si mental tempe bacem::hihi::

cha_n
03-05-2013, 03:36 PM
hahaha iyaaaa gpp say hidup itu pilihan.
punya anak juga pilihan.
menikah pun pilihan.
bisa jadi sekarang ga mau memilihnya, tapi ya ga tahu ke depannya.

tapi back to topic, cesar seharusnya bukan pilihan pasien, mustinya dijalani kalau kondisi darurat lahir normal ga mungkin

Alethia
03-05-2013, 03:42 PM
kakak iparku anaknya 4, di sesar semua
yang terahir kayanya bentuk letter U, apa L gitu

kupo
03-05-2013, 03:47 PM
^^ kalau letter "E" pasti repot...

Alethia
03-05-2013, 03:54 PM
apalagi letter K...
INI SERIUS KUPO!
kamu kan laki2, mana bisa ngerti
sana..pukul bedug aja!

kupo
03-05-2013, 04:01 PM
... wah.....%wah

saya pergi mukul bedug saja.. ..

ummu_w@rdah
03-05-2013, 04:27 PM
Kalo aku,,, alhamdulillah ke dua anakku lahir normal dengan penyulit yang berbeda...
Insya Allah mudah-mudahan bisa melahirkan secara normal lagi kedepannya, walau sebenarnya ada trauma. melahirkan normal memang sangat sakit, terlebih dengan induksi.

Silvercheeks
03-05-2013, 05:23 PM
kerjaan laki2 itu cukup mengabulkan keinginan istri yg pgn punya anak ::ngopi::

lily
03-05-2013, 05:45 PM
dulu pas saya mo melahirkan , semua pada bilang kamu pasti bisa lairin normal , dulu kan semua wanita juga melahirkan normal.

sampe saya memaksa caesar karena bayi di dalem detaknya udah melemah...

ampun deh orang di sekitar saya... ga tau deh kalo anak pertama saya memilih cara normal , mungkin udah laen cerita sekarang...

Hai_Lee
03-05-2013, 08:06 PM
oke klo soal pedes, nah..yang satunya bund?:ngopi:is it helping? terutama di detik2 menjelang proklamasi?

siapa tau mules2 makan pedes langsung brojol anaknya -_- *ngawur.com*

---------- Post Merged at 08:06 PM ----------

adakah ibu2 yang mau ngelahirin pingsan karena ga kuat tahan sakitnya? kalo gitu langsung caesar kah?

Bi4rain
03-05-2013, 09:12 PM
hah? dijait? dimananya?
*Tambah galau

ah, gw belum siap bund, im single...not hepi but im totally fine with it::arg!::

Woah......
it's like looking in the mirror and finding someone who looks like me, but not actually me
(does that make sense?)

gw belum siap berkeluarga salah satunya karena masalah kesiapan menghadapi proses persalinan, but!
I'm currently very happy with my life
dan bahkan berharap kenapa masa muda gw ga dua kali lipat yah ;D
sayangnya realita menampar en bilang

:menunduk:'yer eggs are gonna dry up!'

gw sih berharap suatu saat pencerahan en kekuatan bisa datang ke gw supaya gw bisa embrace proses itu sebagai sesuatu yang wajar, tapi..ugh fail deh.
I love kids, but it's ironic that I feel that way.

Frustasi!!!

lily
03-05-2013, 09:46 PM
oya kalo setau saya menjelang melahirkan , jangan banyak makan pedas , bisa keluar ambeien.

BundaNa
04-05-2013, 10:01 AM
dulu pas saya mo melahirkan , semua pada bilang kamu pasti bisa lairin normal , dulu kan semua wanita juga melahirkan normal.

sampe saya memaksa caesar karena bayi di dalem detaknya udah melemah...

ampun deh orang di sekitar saya... ga tau deh kalo anak pertama saya memilih cara normal , mungkin udah laen cerita sekarang...

mau caesar atau normal, sama2 berjuang dengan taruhan nyawa untuk melahirkan anak kita...dan caesar bukan pilihan, itu masalah solusi yang harus dipilih karena dengan normal bisa menyulitkan nyawa ibu atau bayinya

btw, yang tensinya tinggi saat menjelang kelahiran juga disarankan caesar dengan anestesi lokal lho

Dulu angka kematian ibu melahirkan dan bayi lahir mati besar karena mau gak mau normal, padahal letak anaknya sungsang misal, atau malah melintang...caesar kan tehknologi kedokteran supaya angka kematian pada bayi baru lahir dan ibu melahirkan semakin kecil

lily
04-05-2013, 02:41 PM
oya bun , saya pengen tanya emangnya kalian semua pas lairan , tekanan darah normal ya ?

soalnya saya cenderung tinggi , saking takutnya saya.

saya udah berusaha bayangin abis gini baby keluar , berusaha relax , tapi tetap ga mengurangi ketegangan saya.

BundaNa
04-05-2013, 03:23 PM
^denger2 sih tensi juga bawaan lahir, ly

Soalnya guru TK naomi pernah cerita, menjelang melahirkan tensinya selalu tinggi, begitu abis caesar dengan anestesi lokal eh tensinya stabil lagi

lily
04-05-2013, 03:48 PM
bener sih , saya juga cepet naik cepet turun bun...

misal pas caesar selalu tinggi bun , bisa sampe 160 saking tegangnya.

abis caesar beberapa hari mulai stabil jadi 120. pernah juga drop jadi 100.

sampe banyak yang bilang kok tensi saya kayak roller coaster ::hihi::

bunda ga gitu ??? ato sama ama saya ?

BundaNa
04-05-2013, 03:51 PM
saya alhamdulillah tensinya selalu normal pas hamil sampe melahirkan, ly. Tapi sering kesemutan kaki dan tangannya...pre eklampsia apa ya namanya

lily
04-05-2013, 04:01 PM
lo bun , kesemutannya pas abis disuntik belakang ga ?

saya abis disuntik belakang juga kesemutan bun...

cherryerichan
04-05-2013, 05:03 PM
saya kesemutan.kaya disetrum.

silverjade
07-05-2013, 11:45 AM
Gw pas dibius ga pake kesemutan. Pas di ruang pemulihan (nunggu abis dicaesar) nunggu bius abis baru kesemutan....lama2 menggigil kedinginan

ummu_w@rdah
07-05-2013, 01:36 PM
kakak iparku anaknya 4, di sesar semua
yang terahir kayanya bentuk letter U, apa L gitu

trus, ada mo rencana hamil lagi? dengar2 klo dah 4x g bole hamil,, tapi temanku yang dokter udah c-section 4x, tetap g steril,,, which means, kalo dikabulin gusti Alloh, bisa berkemungkinan hamil dan melahirkan lagi,,,

mo sharing aja, pernah tahun lalu aku ikut karantina sama teman2 (belum pernah kenal sebelumnya) dari berbagai daerah selama 7 hari, pas nginep hari pertama, kita kan pada salin abis mandi,,, dari 10 orang teman sekamar (2 belum pernah hamil), ada 6 orang yang mengalami c-section, jadi tuh aku lihat luka bekas C-section macem2 jg,, ada yang horizontal, ada yang vertikal,, yang horizontal ada yang agak keatasan dikit,,, gitu deh,,, sempat serem juga mbayangin ntar nya aku lahiran bgimana gitu,,,,

BundaNa
07-05-2013, 02:43 PM
@lily: saya bius total, tiba-tiba tidur ajah::hihi:: bangun2 kepala munyer2 bingung kayak ada yang missing link dari hidup saya...kesemutan itu saya alami pas hamil besar

@ummu: saya jahit horisontal, dibawah perut, gak keliatan sih kayak lipatan perut ajah. Sekarang sarannya vertikal karena efek goncangannya pasca operasi gak terlalu kerasa

Alethia
07-05-2013, 02:48 PM
@Ibu Ummu : sdh disteril katanya

lily
07-05-2013, 02:50 PM
saya juga mintanya bius total bun , duh tapi kok saya berasa kejang - kejang ya pas lairin O. berarti ga total dong...

saya lairan pertama , menderita dan ketakutan.

lairan kedua , lebi lega rasanya , ga horor.

bun , berarti harusnya nanti kalo saya lairan , saya dijahit vertikal ? kalo vertikal , semisal ga pake baju , jelas keliatan dong ya , ada garis lurus di dada ke bawah ?

masa lebi ga sakit sih ? saya mikir semisal kita mo duduk apa ga perih ya ? kan jahitannya vertikal ?

saya pengen punya anak lagi bun. cuma ya kata dokter , nanti aja taon 2015 kalo mo lairan.

padahal ada tuh teman saya , abis lairan. 2 bulan kemudian hamil lagi. keduanya caesar.

BundaNa
07-05-2013, 02:55 PM
wesss salah ngetik, saya jaitan horizontal, melintang di bawah perut....saya dua2nya horizontal ly, kata temen yang vertikal sih sakitnya lebih lama

saya hamil almarhum baby S jaraknya 21 bulan kog ly, gpp gak ada masalah

lily
07-05-2013, 02:57 PM
iya sama bun , saya juga keduanya horizontal di bawah perut.

ya saya ga bisa bayangin sih yang vertikal , ampun deh pas bangun , belajar duduk , gimana sakitnya...

:gemetar:

cherryerichan
07-05-2013, 03:38 PM
kalo yg vertikal itu jaman dulu kan?kalo beranak lagi pindah ke tempat lain kan?

ummu_w@rdah
08-05-2013, 12:13 PM
@Ibu Ummu : sdh disteril katanya

ooh,, gtu y,,, thanks jeng

eh, ada yang pernah sakit dan terasa g saat di c-section? koq rekan kerjaku cerita hebooh banget loooh,,, ini pas dia lairan anak perdana banget (dia meritnya umur 40th) ,,,iya dia dibius yang bukan lokal, tapi dari cerita (dia sendiri loh ke teman-teman) dia bilang dia terjaga saat dokter mulai gunting perutnya yang sebelah kanan, dan merasa sangat sakit,,, dokternya ajah kaget.

keknya ada efek ba'al gitu kali diperut sebelah kanannya dikarenakan mungkin pernah beberapa kali operasi waktu gadis (salah satunya operasi usus buntu), dan katanya juga dokter g bisa berbuat banyak, jadi temanku itu dipersilahkan menjerit sekencang-kencangnya, bahkan ketika bayinya mo diambil dari rahim,,, kita2 yang denger cerita dia waktu itu sih terrified banged, eh tapi amazingnya temanku itu misih semangad mo hamil lagi bahkan di usianya yang sekarang ini udah kepala empat.

cherryerichan
08-05-2013, 12:25 PM
aaahh seereem. kebal anastesi kah?kayak ikal andrea hirata itu?

lily
08-05-2013, 02:43 PM
ya ampun...

baca ceritanya mo nangis. serem amat.

saya pas kelahiran anak kedua , berasa pas diolesin cairannya , sampe nangis saya , jerit - jerit ke dokter.

"dok berasa dok..."

"belom kok , ini masi diolesin cairan supaya steril."

saya paling takut ama rasa sakit soalnya , apalagi nonton film THE EYE ya yang pas dibius , dia tidur , tapi sadar dan ga bisa ngomong rasa sakit.

ampun... puji Tuhan , pas proses ga berasa.

aduh abis nulis gini , rasanya trauma melahirkan muncul kembali

:gemetar:

BundaNa
09-05-2013, 09:43 AM
kalo yg vertikal itu jaman dulu kan?kalo beranak lagi pindah ke tempat lain kan?

sekarang masih ada yang vertikal, tergantung kelas mana kamu masup rumah sakitnya, buat yang jampersal jelas c-sectionya vertikal

kalau beranak lagi tetep buka jaitan yang lama, gpp kog, gwe juga kemaren di tempat jaitan yang sama, malah cepet sembuh

---------- Post Merged at 08:43 AM ----------


ooh,, gtu y,,, thanks jeng

eh, ada yang pernah sakit dan terasa g saat di c-section? koq rekan kerjaku cerita hebooh banget loooh,,, ini pas dia lairan anak perdana banget (dia meritnya umur 40th) ,,,iya dia dibius yang bukan lokal, tapi dari cerita (dia sendiri loh ke teman-teman) dia bilang dia terjaga saat dokter mulai gunting perutnya yang sebelah kanan, dan merasa sangat sakit,,, dokternya ajah kaget.

keknya ada efek ba'al gitu kali diperut sebelah kanannya dikarenakan mungkin pernah beberapa kali operasi waktu gadis (salah satunya operasi usus buntu), dan katanya juga dokter g bisa berbuat banyak, jadi temanku itu dipersilahkan menjerit sekencang-kencangnya, bahkan ketika bayinya mo diambil dari rahim,,, kita2 yang denger cerita dia waktu itu sih terrified banged, eh tapi amazingnya temanku itu misih semangad mo hamil lagi bahkan di usianya yang sekarang ini udah kepala empat.

padahal rata2 dokter melarang hamil diatas kepala empat lho, resikonya besar

lily
09-05-2013, 09:50 AM
bun , jampersal kok bisa persalinannya jelas vertikal ?

BundaNa
09-05-2013, 09:54 AM
errr...vertikal lebih murah dan mudah mungkin ya? gwe gak tau ly, soalnya tiap nengok temen yg c-section dan dia ambil jampersal, gwe liat jaitannya vertikal semua, sedang gwe begitu bilang minta kelas VIP ya jaitannya horizontal dengan masa penyembuhan lebih cepat

cherryerichan
09-05-2013, 05:08 PM
idih kan kalo vertikal berisiko banget..bener2 ga bokeh kerja berat itu..

lily
09-05-2013, 06:00 PM
wah kalo gitu , pilih kasih dong ya...

kasian yang jampersal dong...

saya ga berani ah vertikal. kalo bangun ato belajar duduk , pasti sakit banget.

yang horizontal aja di garis perut , kalo belajar duduk aja sakit kok... apalagi yang vertikal.

saya tadi ingat - ingat... dulu jaman SMA , kalo saya ditanyain teman - teman , ntar kalo udah nikah , berencana punya anak ga , selalu saya jawab ga bakal dan ga mau.

taunya sekarang , saya udah lairan 2 kali ::hihi::

silverjade
10-05-2013, 04:04 PM
ya ampun...

baca ceritanya mo nangis. serem amat.

saya pas kelahiran anak kedua , berasa pas diolesin cairannya , sampe nangis saya , jerit - jerit ke dokter.

"dok berasa dok..."

"belom kok , ini masi diolesin cairan supaya steril."

saya paling takut ama rasa sakit soalnya , apalagi nonton film THE EYE ya yang pas dibius , dia tidur , tapi sadar dan ga bisa ngomong rasa sakit.

ampun... puji Tuhan , pas proses ga berasa.

aduh abis nulis gini , rasanya trauma melahirkan muncul kembali

:gemetar:
Gw pas biusnya mulai bekerja dan kaki ga berasa malah panik....akhirnya dikasi obat tidur. Passss banget anak gw mau dikeluarin pas gw bangun
Dokter: "ini siap nih mbak?" *nunjukin suami gw yg di sebelah gw
gw: "Kayaknya suami saya deh dok"
Dokter: "kok kayaknya?":D
Ya nyawa saiah belum ngumpul dok :D

lily
10-05-2013, 04:16 PM
saya juga agak susah mikir pas lairan anak pertama , kayanya dosis bius lebi tinggi... beda euy ama anak kedua...

mendingan mana sih benernya ? bius total ato bisu lokal ?

silverjade
10-05-2013, 04:30 PM
Kata temen sih sebenernya lebih aman lokal (mengacu pada kasus nyonya Agian Isnauli)
Tapiiiiii.......
Kalo lokal kan kedengeran ya cekris cekris si gunting dan orang-orang pada ngomong sambil mengedel-edel si perut :D

BundaNa
13-05-2013, 10:30 AM
^bius lokal keseringan justru bermasalah kedepannya dengan pinggul

Bius total persyaratannya emang gak boleh tensinya tinggi, mesti stabil semua.

Saya total dua kali gak ada masalah apa2 tuh....biasa ajah...tetangga dia lokal 3x, pinggulnya sekarang bermasalah

lily
13-05-2013, 11:38 AM
pinggulnya kenapa bun ?

BundaNa
13-05-2013, 06:49 PM
yang disuntik bius lokal pinggul kan? Nah pinggulnya sering bermasalah, dia sambat sakit terus pinggulnya dan itu terjadi setelah caesar yang ketiga

RAP
13-05-2013, 08:37 PM
Kalo ngak salah caesar dgn bius lokal di suntik anestesinya di sumsum tulang belakang L2.
Jadi kalo sakit dipinggul mungkin karena posisi duduk atau tidur selama masa kehamilan pertama ngak simetris. Jadi memberi tekanan yg lebih ke pinggul.

Habis lahiran yg ketiga kemarin juga aku sempet sakit pinggul. Sebenernya sebelum hamil ketiga sdh sakit tp ngak terlalu parah dan ngak mengganggu. Mungkin krn posisi tidurku dan faktor usia saat hamil ini memperburuk kondisi pinggul.
Tapi sejak ikut Yoga pinggulku ngak pernah sakit lagi, karena gerakan di yoga membantu posisi tulang kita yg ngak simetris.

lily
13-05-2013, 09:31 PM
saya disuntik di punggung sih , di tulang belakang. disuruh meringkuk kayak bola gitu.

bundana dll disuntik dimana ?

surjadi05
13-05-2013, 10:36 PM
gw waktu disuntik malah di gusi!

oh wait itu bius buat root canal ya, oh crapp ::arg!::::arg!::::hihi::::hihi::

BundaNa
14-05-2013, 10:36 AM
om sur::grrr::

@lily: saya kan dari infus, bius total

lily
14-05-2013, 10:37 AM
begitu di infus , langsung ga sadar bun ?

soalnya yang lokal , pas dioles steril masi berasa lo :gemetar:

BundaNa
14-05-2013, 10:47 AM
gak juga sih, dosisnya kan pelan2, masih sempet diajak ngobrol sama dokter bedahnya, sampe tiba-tiba ngantuk dan tidur, bangun2 udah di kamar perawatan

surjadi05
14-05-2013, 12:45 PM
om sur::grrr::



sorry bund, ga tahan::hihi::::hihi::

etca
14-08-2013, 04:58 PM
Tanya,
kalau hari ini lahirannya secara caesar,
itu baby masih di ruangan baby yang terpisah,
atau udah bole nyampur di kamar emaknya sih?
berapa lama biasanya rawat inap di rumkit kalau caesar?
thxb4.

#jarang banget jenguk lahiran bayi di rumkit soalnya.
terakhir jenguk lahiran bayinya Agitho_Ryuki bbrp tahun yg lalu ;D

lily
14-08-2013, 05:02 PM
Bole campur kok ca , cuma kalo campur trus pas baby nangis , dan ibunya masi belom sadar , sapa yang nyusuin...

etca
14-08-2013, 05:06 PM
oh ok artinya kalau ke sana pasti bisa lihat babynya yah.
Yang waktu si Agitho dipisah di ruangan tersendiri sih, jadi ga bisa lihat.
cuma ketemu agitho ama istrinya doang. :)

lily
14-08-2013, 05:19 PM
Iya biasanya kalo caesar , bayinya beberapa jam taruh di kamar bayi.

Kalo udah sadar dan ibunya mo nyusuin , bayinya dibarengin di kamar - rooming in. Bisa request kok ca kalo mo dimasukin kamar.

Duh lucunya ya bayi... Jadi ingat dedek...

Kalo caesar , biasa 4 hari 3 malam ca. Tergantung keadaan pasien juga ca.

Kalo normal biasa 3 hari 2 malam.

Etca lagi siap - siap ya ? :run:

cherryerichan
14-08-2013, 05:56 PM
ketentuannya min 12 jam sih pisah. ibubkan kudubdi observasi dulu,ngabisin bius, baru gabung.tapi trgntung rs msg2. aku anak pertama malem lahiran,pagi dah gabung. anak ke 2 24 jam.

second_life
14-08-2013, 05:59 PM
*duduk manis ngluarin notes dan nyatet dipojokan

ntar kalu udah deket waktunya, daku pasti balik kemari ;D
kepengennya sih caesar aja, biar bisa ngatur waktu juga, ndak lg sibuk, tau2 baby mau nongol, bisa berabe ;D
tp masih bingung. soale katany denger2 kalo normal lbh bagus buat baby nya (alasan jelasny lupa. jd lebih pinter apa lah gitu...). tp g orgny ga tahan sakit. jd serem kalu normal. caesar kan bisa 'pingsan', tau2 baby ud nongol.

*emak2 curang. ndak mau susah ::ungg::

lily
14-08-2013, 06:09 PM
Rencananya caesar ya sis ?

Saya dulu sih rencana normal , tapi stuck jadinya caesar :)

BundaNa
14-08-2013, 08:00 PM
Kalo bisa normal sebaiknya normal, caesar itu dirancang untuk kasus2 tertentu. Spt letak bayi sungsang, ato bahkan kepala di atas jalan lahir, 12 jam setelah ketuban pecah tidak ada pembukaan, dan secara medis kalo lahir normal membahayakan ibu atau bayi atau keduanya

---------- Post Merged at 07:00 PM ----------

Sebenernya ngelahirin normal itu bagus untuk bayi, seperti bisa cepat disusui, mulut rahim justru ada bakteri baik utk bayi dan banyak lagi. 2x caesar dan 1x normal, enaknya emg milih caesar, tapi kecepatan pulih bagusan normal

etca
14-08-2013, 09:47 PM
Babynya lucuuuuuuu.
Jadi pengen punya anakkk hahhahahah *kaco ih.

Tadi lahir jam 10.20 pagi.
Ini barusan babynya dbawa k kamar ibunya.
Lagi asi pertama dia nihh..
Lutunaaaa.. Tuw baby ada feeling nyari puting ibunya yak?

lily
14-08-2013, 09:59 PM
Ada ca.

Apa namanya lupa saya.

Congrat ya ca :senang:

Boy or girl ca ?

etca
14-08-2013, 10:13 PM
Woiii yg lahiran bukan gw lily :lololol:
Cowok.

lily
14-08-2013, 10:24 PM
Tapi di foto etca , perutnya gede , pipinya chubby juga ::ngakak2::

Ama bukannya kemaren - kemaren etca ngidam daun muda , eh salah mangga muda ::ngakak2::

Ca becanda ya :cinta:

second_life
04-11-2013, 04:11 PM
sebulan menjelang HPL, balik lagi ke sini. hihihihi.
tanya duong.....


kalau caesar itu tetep dapet nifas kan ya?
abisan kemaren nyokap (2x normal, ndak pernah caesar) bilang, 'kan operasi, di angkat lah itu jaringan2nya. masa masi nifas?' tp kok rasa2ny too good to be true sih ;D


oh ya, kemarin periksa sempet tanya2 juga, katanya kalau jaman dulu, memang banyak yg sayatannya vertikal. kalu sekarang ud pada horizontal (ngikuti bentuk garis bikini) semua (yg di kota2 besar). tp di daerah kadang masi ada yg vertikal.

Ronggolawe
04-11-2013, 04:14 PM
Substansinya kan melahirkan, bukan urusan rontok
nya amnion yang melingkupi janin :)

yup, cuma disayat horisontal, dijahit bagian otot
dibawah kulit, kulitnya sendiri cuma diplester khu
sus yang super kuat dan anti air, 3 hari kemudian
ganti plester, seminggu kemudian ganti plester,
habis tuh bebas, ngga ada bekasnya :)

lily
04-11-2013, 04:31 PM
Nifas itu kan darah keluar 40 hari ya ?

Kalo itu , masi kok darahnya keluar lebi kurang 40 hari.

Dulu ada yang bilang katanya bisa bersih , ga mens. Pas mengalami , halah sama aja , tetap mens.

Trus saya 2 kali disayat ke samping , di tempat yang sama. Tapi saya kan anak pertama ama kedua beda 5 taon , jauh :D

Ciaoooooooo second_life !!! :cheer:

BundaNa
05-11-2013, 09:12 AM
sebulan menjelang HPL, balik lagi ke sini. hihihihi.
tanya duong.....


kalau caesar itu tetep dapet nifas kan ya?
abisan kemaren nyokap (2x normal, ndak pernah caesar) bilang, 'kan operasi, di angkat lah itu jaringan2nya. masa masi nifas?' tp kok rasa2ny too good to be true sih ;D


oh ya, kemarin periksa sempet tanya2 juga, katanya kalau jaman dulu, memang banyak yg sayatannya vertikal. kalu sekarang ud pada horizontal (ngikuti bentuk garis bikini) semua (yg di kota2 besar). tp di daerah kadang masi ada yg vertikal.

Tetap nifas kog. Saya 2x caesar ya nifas semua, malah mendekati 2 bulan nifasnya. Saya di kota kecil, sayatannya ya horizontal semua kog. Tapi emang sih buat yang jampersal sayatannya masih vertikal.

Memang ada opsi caesar dari dokternya?

second_life
06-11-2013, 02:42 PM
thank you um Ronggolawe, penjelasannya ^^

lily: iy ly, nifas itu yg 'pendarahan' abis melahirkan. katany umumny 40 harian, tapi ada juga yg sampe 2 bulanan masih keluar aja.
trims ya ly ^^

BundaNa: itu kemarin hasil tanya sama dokternya bun. hihihi. kata dokterna, klo di jkt, tinggal 1 dokter doang yg sayatanny masi vertikal (mungkin dokter ini khusus jampersal kali ya?). selebihnya ud pada horizontal semua. dan kata si dokter, emang dulu dia waktu belajar (kuliah), diajarinnya ya sayatan yg vertikal ini. karena waktu itu masi 'mode', dan memang lebih mudah dari yg horizontal. gitu sih katanya bun.

opsi caesar dari dokternya? kamsudny apa bun? si dokter yg nyaranin caesar gitu?
dokterku sih ga ngomong apa2. daku aja yg mauny langsung caesar. soalny baca2 klo kelahiran normal pun bisa sobek (butuh dijahit), malah ada yg sengaja di sobek sama dokterna biar cepet/lancar. kan sama2 aja jait2 juga. ya sud, akhirny putuskan untuk caesar.
lagipula, ngatur waktu, dll lebih gampang drpd kalu normal kan, bun.
tp setelah kubilang mau caesar, si dokter sih oke2 aja. trus nyediain range tanggal yg bole dipilih untuk lahiran (about 2 weeks before the real HPL). katanya kalu sebelum tanggal itu (di atas 2 minggu sblom HPL sebenarnya), takutnya si calon baby masi kurang kuat.

BundaNa
06-11-2013, 03:09 PM
tetep lain antara normal sama caesar. Kebetulan saya ngerasain dua2nya, jadi bisa bedain::oops::

Caesar itu jaitan tujuh lapis, ada kulit terluar dan terdalam, recoverynya berbeda dengan jahitan di mulut rahim yang selaputnya sengaja dirobek demi memudahkan si anak keluar. Jahitan di bawah itu malah harus sering dipake gerak, sekarang dijahit, 5 jam lagi udah bisa dipake jalan. Penyembuhannya juga cuma dioles dengan iyodium selama 3 hari setelah mandi, abis itu bebas merdeka.

Dan setelah itu bebas dari rasa sakit sama sekali.

Sedang caesar meski sama2 dijahit, recoverynya minimal makan waktu 2 minggu. Itu juga bulan depannya tetap kontrol ke dokter, mastiin jahitan stabil. Selepas itu juga di bekas jahitan kadang sering kerasa clekit2, dan kalau ga bersih, suka gatel2 di sekitar jahitan.

Coba aja ketawa pasca caesar, perut langsung dirasa ketarik2 ga nyaman

Yang bius total, baru bisa nyusuin anaknya 12 jam setelah melahirkan, karena nunggu peristaltiknya berfungsi dulu, ga tau yang bius lokal.

Setelah obat biusnya abis, selama 12 jam ke depan, perut kayak abis ditonjok orang sekampung -_-

Normal? Perut ga ngerasain sakit apa2, kecuali bagian yang robek trus dijahit agak ga nyaman selama 12 jam.

Btw, ada tehnik ngejan biar ga sampe dirobek...yang paling penting adalah jangan ngeden kalau belum bukaan sempurna, alias sepuluh. Gwe masih bukaan 8 ngeden, makanya jalan lahirnya bengkak, terpaksa dirobek

cherryerichan
06-11-2013, 04:30 PM
tekniknya latian kegel kan bun?
seolah2 mo pipis tapi ditahan.emang bagus. tapi kl di bidan diajarin kek mo pup. bilang e..e..k gitu.

BundaNa
06-11-2013, 04:35 PM
ho oh, tapi yang pasti jangan ngeden sebelum bukaan lengkap

cha_n
06-11-2013, 04:43 PM
susah tuh nahan ngeden sebelum bukaan lengkap ;))
aku ga pernah bisa 2x percobaan hehehe
ga ada pengalaman cesar tapi kalau bisa normal mending normal deh. di negara maju kalau bukan terpaksa mana boleh cesar

lily
06-11-2013, 04:57 PM
Aduh baca tulisan BundaNa , perut saya ngilu gimana gitu ::ngakak2::

Ampun deh , takut saya :gemetar: :nangis2:

Beneran deh saya caesar 2 kali itu mujizat kali ya :P

Btw saya juga susah nahan ga ngeden. Lha perut sakit banget , ampun kontraksi nya. Saya bukaan 4 , udah ngeden. Pas ingat dibilang ga bole ngeden , ya ingat bentar , terus lupa lagi.

BundaNa
06-11-2013, 05:07 PM
kalau pake induksi emang kontraksinya dua kali sakitnya dibanding yang ga pake induksi::hihi:: *makin ngeper aja deh second_life::hihi::

---------- Post Merged at 05:07 PM ----------


susah tuh nahan ngeden sebelum bukaan lengkap ;))
aku ga pernah bisa 2x percobaan hehehe
ga ada pengalaman cesar tapi kalau bisa normal mending normal deh. di negara maju kalau bukan terpaksa mana boleh cesar

Nah itu, dokter saya selalu menawarkan opsi melahirkan normal sek, makanya 2x caesar itu dianggap tindakan urgent, pertama karena diinduksi mpe 3 infus masih gak maju bukaannya, yang terakhir karena sudah pecah ketuban lebih dari 24 jam dan ga ada bukaan

lily
06-11-2013, 07:18 PM
Saya ga mau di induksi pas itu , tanpa induksi aja udah berkaca - kaca dan pucat. Gimana pake induksi.

BundaNa
06-11-2013, 09:32 PM
^induksi dengan obat oral, dengan suntik langsung atau melalui injeksi di infus lain2 reaksinya


Pas adik naomi almarhum kan induksi, alamak sakitnya

Pas nadhira ga pake induksi, kontraksiny kerasa tapi ga yang sampe ngilu2...tapi akhirnya tetap operasi karena gerakannya melambat

second_life
07-11-2013, 12:35 PM
ndak kok bun, ndak tambah ngeper, ud bulat mau caesar ;D

BundaNa
07-11-2013, 02:40 PM
bukan mau nakut2in, cuba dulu cari second opinion plus minusnya caesar...sebagai expert caesar::hihi:: *jiah expert...kalau saat itu opsi paling mudah adalah lahir normal, saya milih normal...semua tindakan caesar saya itu darurat, karena pecah ketuban tapi ga juga maju bukaannya, dan karena sudah lewat dari 2 minggu dari HPL plus diinduksi ga ada kemajuan

second_life
19-12-2013, 01:04 PM
yak, daku kembali bawa berita.......


sebelum caesar, ditanya suster, knp pengen caesar. kubilang takut sakit dan jd bisa milih tanggal. si suster malah nanya mataku min berapa. ini kacamata sih min 4, tp kayakny ud nambah dah. eh, dia bilang caesar jd pilihan tepat kalu gitu, karena kalau ngeden dengan minus gede, katanya kuatir pembuluh darah mata pecah, dan buta :(


caesarny sendiri sukses (dokter bilang, untung caesar krn ternyata baby ku gede, 3.85 kg, padahal tadinya dikira cuma 3.2 - 3.4 saja). bius spinal (lokal) di tulang belakang, dan mati rasa nyeri dr pinggang ke bawah. sentuhan2 tertentu masih kerasa (kuduga sentuhan dengan bidang sentuh besar) masih berasa, tp ga sakit sama sekali.
sehari semalem tiduran doang di kasur, paginya ud bisa turun dan jalan ^^ (abis lepas infus dll tentunya).
sekarang ud di rumah, perut masi agak sakit kalo bergerak, tp overall ga terlalu mengganggu sih. ndak sampe berasa 'ditonjok org sekampung'. xixixi.


curcol:
yg bikin bt justru infusny ntu. katanya pembuluh darahku kecil, jd susah masupin jarum nya. alhasil, tangan kanan ada 3 bekas jarum, dan tangan kiri 1 bekas. hadeh......
mana sakit pula pas dimasupin dan dicabut lg krn salah :(

Porcelain Doll
19-12-2013, 01:10 PM
congrats, SL :D
udah punya baby sekarang
baby girl atau baby boy?

lily
19-12-2013, 01:23 PM
congratz second_life buat kelahiran baby nya :)

all the best for you and your new family :senang:

---------- Post Merged at 01:23 PM ----------

iya teman saya ada yang barusan lairan , salah ngeden , dia nafas pas tengah ngeden , anaknya masuk lagi pas udah keluar , dan terjadi bolak - balik. anaknya biru.

trus pembuluh darah teman saya pecah di mata ama wajah.

cherryerichan
19-12-2013, 01:38 PM
selamaaat ..semoga cepat pulih ya.

second_life
19-12-2013, 01:46 PM
thank you Porcelain Doll, cherryerichan, dan lily :)

baby girl, pipiny bulat nian. hahaha.

lily: aduh mak, serem amat ly. ga kebayang anakny kluar masup ampe biru >.<

BundaNa
19-12-2013, 03:10 PM
Selamat ya atas kelahiran anaknya...semoga cepat pulih dan bisa nyusuin dengan tenang::bye::

tuscany
19-12-2013, 06:56 PM
selamat ya seken :)

kenapa kok jadi menyeramkan masuk trit ini
*rasanya udah pernah nulis ini juga

Barusan tadi malam ngobrol sama temen soal lahiran caesar ato normal. Menurut teman, zaman sekarang banyak yang caesar karena pengaruh gaya hidup juga, yaitu kurang aktivitas. Jadi bukan cuma karena oknum dokter pengen dapet untung gede (yang sering jadi tudingan ibu2 yang disuruh caesar ma dokter padahal ngerasa nggak terlalu urgent masalahnya) atau karena si ibu yang kepengen caesar. Istrinya teman tiap hari ngepel nungging katanya supaya lahirannya lancar. Lancar emang, tapi pas ngepel nunggingnya itu sakit. Jadi pilihannya secara umum antara sakit di awal ato di akhir. Sama kayak yang mual2 parah di awal kehamilan biasanya lancar pas lahiran.
*kesimpulan nubie #1

Caesar terencana dan caesar mendadak beda biaya, sekitar dua kali lipatnya. Jadi mendingan all out sekalian dari awal, milih normal ato caesar setelah itu berserah diri.
*kesimpulan nubie #2

Nah soal mata minus, kata temenku yang lain setiap dia melahirkan minus matanya nambah. Sekarang jadi make sense buatku.

second_life
19-12-2013, 07:54 PM
thank you BundaNa & tuscany :)


iya tusc, susterku bilang sebenerny lahiran normal atau caesar itu sama2 sakit. cuma beda saatnya. normal sakit di awal, caesar sakit di akhir.
tp soal 'aktivitas', memang ada benernya. sodara2 mak ku yg masi pada di daerah, semua pada ngurus urusan rumah sendiri, lahiran pada lancar jaya. lah kalu g, di suru ngurusin rumah ndiri, kapan g bisa isti setelah seharian ngantor? ihik.... memang pilihan sih antara jadi irt atau tetep kerja,
soal caesar terencana / mendadak daku setuju banget. makanya dari awal sudah diniatkan caesar saja, drpd double biayanya. xixixixi.
tp soal yg tiap lahiran nambah minus, ini daku baru denger. thank you info nya, tusc ^^

ndugu
19-12-2013, 09:22 PM
wah, selamat ya second :mrgreen:
foto2nya donk :cengir:

second_life
22-12-2013, 09:28 AM
thank you, ndugu ^^

wah, belom banyak futu2. seadanya saja ya ^^
http://sphotos-a.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/q77/s320x320/1514487_10152480429689488_1897184952_n.jpg http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/q71/s320x320/1524957_10152479751279488_1596728094_n.jpg

etca
22-12-2013, 09:35 AM
Waaa selamat ya second_life..
babynya girlnya cantik nian, udah expresif pulakk..
haahahhahah happy banget dia keliatannya bisa lahir di dunia,
bisa lahir jadi baby girlnya second_life..
gedenya pasti cerdas n ada gokil-gokilnya deh, moga bisa selalu mewarnai sekelilingmu ya nakk..
sehat selalu ya sayanggg.. eh ini siapa namanyaa??

cherryerichan
22-12-2013, 09:39 AM
lucuuukk..montok nyaa.

second_life
22-12-2013, 03:54 PM
thanks a lot etca doa2nya ^^
namanya monita cecilia wisaksono.


thank you cherryerichan

red>,<hair
21-06-2014, 11:43 AM
Jd pengen nulis jg .... lairan sodara maren -bukan gw ya ;D-
Ini anak k 3 dia ... 1 n 2 lahir normal n rata2 bayinya gede karena emaknya juga gede
Yg ketiga ga tau napa sulit
Hpl tgl 5 tp ampe tgl 18 belom ada tanda2 lahir
Uda d picu 5x tetep ga buka buka
Akhirnya ama dokter d kasi opsi caesar
N lahir de ... lumayan gede babynya 4 kilo lebih dikit

Itu emaknya rajin jalan kaki lo, la wong ga isa naek sepeda, motor n ga demen naek angkot
Eh nanya emang asma itu nurun ya k anak?
Itu anak pertama kena asma klo yg kedua belom tau asma juga ato engga
N ada y suntikan buat asma?

second_life
26-06-2014, 10:50 AM
^ setauku, kalau keduanya sama2 ada riwayat penyakit tertentu, anak berkemungkinan kena lebih besar.
kalau hanya salah satu ortu aja yg beriwayat, kemungkinan kena lebih kecil.
kalau kerabat dekat yg beriwayat (bukan ortu), berkemungkinan juga, tetapi sangat kecil.
*baca di brosur RS waktu periksa kehamilan. sebenarnya d situ disebutkan juga persentase kemungkinannya. tp daku lupa. maap ;D


kalau mengenai suntikan asma, daku ndak tau. maap. soalny ndak asma