PDA

View Full Version : [agak serius] moyang



ndugu
17-04-2011, 03:01 AM
kemaren2 udah sempat nanya2 :cengir: tapi kayanya ada satu istilah yang masi blom begitu jelas letaknya..

jadi kan gini yah.. kalo ngikut urutan dari generasi kita (present) sampe paling tua:

- saya
- orang tua
- kakek / nenek
- buyut (?)
- nenek/kakek buyut (?)

trus, moyangnya urutan mana? setelah kakek buyut? ::elaugh::

kandalf
17-04-2011, 07:19 AM
Moyang itu bukannya untuk yang udah sangat jauh dan sudah tidak disebut lagi yah?

~nenek moyang ku seorang pelaut

E = mc˛
17-04-2011, 06:52 PM
di bawah adam

ndugu
18-04-2011, 12:12 AM
Oh, jadi moyang itu di atas 10 generasi yang lalu? Ato sekedar istilah umum yang kira2 sama artinya dengan 'leluhur'?

Yitzhak Avram
07-11-2011, 06:51 PM
moyang itu sinonim dengan leluhur

beastmen85
07-11-2011, 07:12 PM
mungkin gini
saya
ortu
kakek
buyut : ortu kakek
kakek buyut : kakeknya kakek
selebihnya disebut leluhur
dan yg menurut saya terdengar lebih 'tua' dr leluhur itu moyang
meski itu sinonim

itsreza
07-11-2011, 07:22 PM
Dari wiki: http://id.wikipedia.org/wiki/Bagan_silsilah

Generasi di atas: Kakek · Nenek · Buyut · Cicit · Canggah · Gantung siwur · Leluhur/Nenek moyang
Generasi orang tua: Orang tua · Paman · Bibi · Mertua · Angkat · Tiri · Asuh
Generasi saya: Saya · Kakak · Adik · Saudara/i · Suami · Istri · Besan
Generasi anak : Bayi, Anak · Menantu · Keponakan
Generasi di bawah : Cucu · Buyut · Cicit · Canggah · Gantung siwur

Yuki
07-11-2011, 07:32 PM
.....jadi setelah cicit lalu canggah lalu gantung siwur gitu?

saya baru tahu istilah ini

itsreza
07-11-2011, 07:38 PM
Canggah ada kok dalam KBBI, didefinisikan sebagai keturunan yg kelima (anak, cucu, cicit atau buyut, canggah atau piut); cucu dr cucu

Gantung siwur mungkin dari bahasa sunda,

Dalam kebudayaan Sunda,
Generasi ke bawah:
anak
incu
buyut
bao
janggawareng
udeg-udeg
gantung siwur.

Generasi ke atas:
kolot
embah
buyut
bao
janggawareng
udeg-udeg
gantung siwur

Yuki
07-11-2011, 07:49 PM
thanx atas penjelasannya

hmm janggawareng.......keren nih kaya nama pendekar ::hihi::

spears
07-11-2011, 09:02 PM
gw manggil nyokapnya nenek gw "moyang"
jadi mesra gitu.. "yang...yang"
kalo "moy...moy..." rasanya gak enak

gogon
07-11-2011, 10:34 PM
moyang itu suaminya Nurul Arifin.
Moyang Surolaksono

Urzu 7
08-11-2011, 12:09 AM
^ wkwkwk sapa lagi tuh om?

E = mc˛
08-11-2011, 09:54 AM
Om Ancuur lah moyang kita semua, user lintas generasi ::hihi::

:kabur:

Blitzen
09-11-2011, 10:52 AM
kayaknya diatas adam dikit

Yuki
09-11-2011, 11:08 AM
banyak yg bilang di atas adam, memang betul tapi jika mau lebih "dekat" sebenarnya kita ini adalah keturunan sisa-sisa kaum nabi nuh yg selamat

;D

nerissa
09-11-2011, 11:55 AM
banyak yg bilang di atas adam, memang betul tapi jika mau lebih "dekat" sebenarnya kita ini adalah keturunan sisa-sisa kaum nabi nuh yg selamat

;D

oya? lu bener bener percaya cerita ini? well..
flood all over the world....ehmm i dont think so

eh, sorry ngutip
dont mind me, im just a crazy slob

;D